sapi-e1452223332827-632x360

Kebutuhan hewani seperti daging, telur, dan susu dipenuhi dengan menjalankan peternakan. Peternakan merupakan usaha bisnis yang sudah sejak lama dijalankan oleh masyarakat Indonesia. Terlebih dengan kondisi alam Indonesia yang sangat mendukung untuk menjalankan usaha peternakan tersebut. Pertambahan jumlah penduduk juga sangat mendukung berkembangnya usaha peternakan karena semakin meningkat pula kebutuhan pangan masyarakat yang harus terpenuhi. Untuk menjalankan usaha ini sebenarnya tidak selalu dimulai dengan modal besar.

Memulai Usaha Peternakan Jenis Hewan Yang Cepat Menghasilkan

Memulai usaha peternakan dapat dimulai dengan modal sedikit namun tetap menghasilkan keuntungan. Seperti yang kita tahu bersama bahwa permasalahan paling umum ketika akan memulai suatu usaha adalah modal. Peternakan dengan modal kecil bisa dimulai dari pemilihan hewan ternak yang memang cepat menghasilkan. Dengan demikian, setiap harinya akan ada pemasukan untuk peternak tanpa harus mengeluarkan banyak modal untuk perawatan. Berikut beberapa jenis hewan ternak yang bisa cepat menghasilkan.

Ayam Atau Bebek Petelur

Ayam atau bebek petelur merupakan unggas yang dirawat sedemikian rupa agar dapat menghasilkan telur setiap harinya. Ketika kita memiliki 50 ekor bebek atau ayam, setiap harinya kurang lebih akan ada 40 telur yang dapat kita panen. Telur-telur tersebut dapat kita jual sehingga dapat menghasilkan pemasukan. Pemeliharaan yang tepat dan kandang yang bersih akan membuat unggas tersebut sehat sehingga banyak menghasilkan telur setiap harinya.

Lele

Lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang mudah untuk diternakkan. Lele merupakan salah satu jenis ikan yang tahan di segala keadaan kolam. Kolam diam tanpa ada aliran air ataupun kolam yang penuh dengan lumpur dapat dijadikan sebagai tempat hidup lele. Selain itu, perawatan lele juga terbilang sangat mudah karena lele mau memakan apa saja, termasuk kotoran ayam. Masa panen lele juga termasuk cepat karena hanya menghabiskan sekitar 3-4 bulan saja.

Ayam Boiler

Jika hasil utama ayam petelur adalah telurnya, maka ayam boiler merupakan ayam potong yang akan diambil dagingnya. Ayam boiler tentu sudah tidak asing lagi karena sering kita konsumsi. Pertumbuhan ayam boiler yang sangat cepat didukung oleh pakan bergizi dan vitamin agar tubuh ayam cepat gemuk. Perawatan kandang yang bersih juga akan sangat berpengaruh pada kesehatan ayam boiler.

Related posts: