Vacum sealer adalah alat semi otomatis untuk mengemas dengan sistem menghempaskan udara dari dalam kemasan sehingga kemasan menjadi kedap udara dan produk yang ada di dalamnya akan aman dari udara luar. Alat semacam ini sudah banyak dijual di pasaran dengan jenis dan type yang berbeda-beda. Banyak pedagang yang telah jual vacum sealer mengaku bahwa peminat kebanyakan datang dari orang-orang yang ingin berdagang makanan.

Mengepak Makanan Dari Pakai Lilin Hingga Vacum Sealer

Masih segar di ingatan bagaimana pedagang-pedagang jajanan dan makanan eceran belasan tahun silam mengepak makanan atau kerupuk camilan dengan cara membakar ujung plastik dengan bantuan lilin. Cara tradisional ini nyatanya sangat efektif pada jaman itu sebagai cara mengepak praktis. Dan metode lilin terus bertahan sampai beberapa dekade hingga teknologi menyentuhnya.

Ya, kini mengepak produk dengan pembungkus plastik dan ditutup dengan sealer makin digemari para pedagang eceran. Dari mulai untuk membungkus makanan hingga benda-benda keras. Harga jual vacum sealer pun relatif murah dan dapat terjangkau oleh lapisan masyarakat umum.

Type Vacum Sealer Untuk Usaha Rumahan

Banyak sekali jenis vacum sealer ada di pasaran, dari untuk produk rumahan hingga untuk dipakai produksi usaha skala besar. Bagi Anda yang tertarik ingin membeli sebuah vacum sealer standar untuk rumah tangga, beberapa petunjuk ini akan berguna sebagai referensi.

  • Vacum Sealer Type DZ-280A

Daya listrik untuk vacum sealer type ini hanya memakan daya sealing 150 watt dengan tekanan vakum ultimate 0,6 kpa. Ukurannya terbilang mini yaitu 35x14x7 cm. Ini artinya sangat mudah untuk dibawa-bawa dan dipindah-pindahkan. Beratnya pun hanya berkisar 3 kg. Dan yang perlu diingat, vacum type ini hanya untuk mengemas barang-barang kering saja.

Harga yang ditawarkan berkisar 800 ribu – 1 jutaan.

  • Vacum Sealer Type DZ-280SE

Spesifikasinya tidak jauh berbeda dengan type DZ-280A, hanya saja type DZ-280SE bisa untuk mengepak produk basah. Selain udara, mesin ini juga akan menyedot air yang terkandung dalam produk yang akan di kemas.

Harga yang ditawarkan berkisar antara 1,2 juta hingga 1,5 jutaan.

Kedua type vacum sealer ini sangat cocok bagi yang ingin membuka usaha di bidang bisnis makanan. Dan pedagang yang jual vacum sealer type ini pun sangat banyak, jadi tidak akan kesulitan mencarinya di pasaran.

Related posts: