Ibadah umroh adalah satu ibadah yang dijalankan oleh umat Islam di Makkah selain ibadah haji. Karena untuk bisa melaksanakan ibadah haji kita perlu menunggu hingga berpuluh tahun, maka sebagian orang yang sudah ingin mengunjungi tanah suci memilih untuk melaksanakan ibadah umroh terlebih dahulu. Oleh karena itu, semakin lama semakin banyak orang yang menjalankan ibadah sunah tersebut.

Prospek Usaha Travel Umroh

Agen travel umroh memang memiliki beberapa perbedaan dengan agen travel haji. Salah satunya adalah dari segi keuntungan. Memiliki biro travel umroh memang tidak mendatangkan keuntungan sebesar agen travel haji. Namun perputaran uang akan lebih cepat jika dibandingkan dengan agen travel haji. Jika Anda ingin memiliki usaha agen travel umroh murah, maka Anda harus mempertimbangkan beberapa hal berikut agar tidak terjerat masalah di kemudian hari.

Biaya Membuat Kantor

Jika Anda ingin membuka sebuah jasa agen travel umroh murah, maka Anda bisa mempersiapkan modal sebesar 50 juta Rupiah. Dana tersebut akan cukup untuk menyewa gedung kantor dan juga biaya operasional lainnya. Jika Anda tidak memiliki modal yang cukup, maka Anda bisa mengajukan kredit multiguna. Tidak ada salahnya untuk melakukan pinjaman ke bank sebab dana tersebut akan Anda jadikan modal untuk usaha.

Legalitas

Setelah Anda mendapatkan modal yang cukup untuk menyewa gedung kantor dan biaya operasional lainnya, maka Anda tinggal mengurus tentang legalitas dan perizinan agen travel umroh Anda. Surat Ijin Usaha Perdagangan, Tanda Daftar Perusahaan, serta NPWP adalah beberapa hal yang harus Anda miliki untuk melegalkan biro travel umroh. Dengan terjaminnya legalitas biro jasa umroh Anda, maka Anda akan tenang dalam menjalankan usaha rukun umroh tersebut.

Menghitung Keuntungan

Apa pun usaha yang Anda lakukan tentunya Anda mengharapkan sebuah keuntungan. Begitu pula dengan usaha agen travel umroh. Anda harus dapat memperkirakan keuntungan yang bisa didapatkan dari memberangkatkan satu orang jemaah rukun umroh. Misalnya biaya umroh melalui agen travel Anda adalah 27 juta Rupiah, sedangkan biaya untuk satu orang jemaah umroh adalah 20 juta Rupiah, maka Anda mendapatkan keuntungan 7 juta Rupiah untuk satu jemaat.

Related posts: