Salah satu hal yang sering mengganggu anak adalah demam. Demam merupakan suatu kondisi dimana suhu tubuh tinggi dan tubuh terasa menggigil. Sebenarnya permasalahan demam ini bukanlah hal yang begitu mengerikan. Meskipun demikian demam pada anak harus segera diatasi karena bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Pada dasarnya ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi demam tanpa menggunakan obat. Cara ini tidak menimbulkan efek samping bagi tubuh.

Bahan Herbal Mengatasi Demam Tinggi

Pada dasarnya demam ini bisa menyerang kapan saja tanpa mengenal waktu. Untuk itu perlu diketahui beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi demam.

– Bawang putih

Ternyata bawang putih ini mampu untuk mengobati demam pada anak. Caranya sangat mudah Yakni dengan menghancurkan lima siung bawang putih sampai bentuknya seperti pasta. Setelah itu campur kan dengan yoghurt serta air. Kandungan allicin pada bawang putih ini bersifat anti mikroba yang memiliki manfaat untuk mengatasi demam. Secara perlahan demam makan hilang sehingga anak bisa kembali beraktivitas seperti biasanya.

– Madu

Madu merupakan bahan alami yang memiliki banyak sekali khasiat. Madu merupakan makanan alami yang bisa dijadikan sebagai obat penurun panas. Pada dasarnya serbuk sari pada madu mampu bekerja efektif sehingga demam pada anak bisa turun lebih cepat. Apalagi madu memiliki rasa yang manis sehingga akan lebih mudah untuk memberikannya kepada anak. Berikan madu tiga kali sehari sehingga mempercepat penyembuhan.

– Daun basil

Kebanyakan orang menyebut daun basil ini adalah daun kemangi di mana mampu menurunkan demam tinggi pada anak. Rebuslah 10 hingga 15 lembar daun kemangi dengan segelas air. Tambahkanlah sekitar 3 sendok bubuk jahe pada air tersebut lalu aduk lagi hingga merata. Setelah itu biarkan hingga tidak terlalu panas lalu Minumlah air rebusan tersebut. Dengan demikian maka anak akan sembuh dari demam.

Dengan menggunakan bahan-bahan alami tersebut maka demam pada anak bisa turun dengan cepat. Sebenarnya masih ada banyak sekali bahan alam yang bisa digunakan untuk menurunkan demam. Bahan-bahan tersebut sangat mudah dijumpai dan ada di sekeliling kita. Ketika anak demam maka usahakan untuk tidak panik sehingga pengobatan pun bisa berjalan dengan lancar.

Related posts: