Tips Membuat Tangki Fiber Tidak Mudah Berlumut

By | November 17, 2016

tangki fiberTangki fiber memiliki salah satu masalah yang banyak dialami oleh banyak pengguna tangki jenis ini. Dengan desain dinding yang terlihat terang dan bahkan transparan membuat tangki yang jika di letakkan di tempat yang terbuka apalagi di bawah sinar matahari ini akan lebih mudah di tumbuhi oleh lumut apalagi jika terkena sinar matahari secara langsung. Padahal keberadaan lumut akan membuat kualitas air yang di simpannya menjadi berkurang bahkan menjadi tidak sehat. Banyak yang mengeluhkan dengan adanya bau lumut atau bau tanah ketika tangki di temukan ternyata sudah di tumbuhi lumut yang banyak meski baru saja di pasang beberapa bulan. Lalu bagaimana cara agar tangki tidak di tumbuhi lumut?

Tips Mencegah Lumut Tumbuh Dalam Tangki Fiber

Tangki fiber yang mudah di tumbuhi lumut adalah jenis tangki yang memiliki warna yang terang dan cerah sehingga sinar matahari akan sangat mudah masuk menembus ke dalam tangki yang membuat pertumbuhan lumut akan berjalan dengan sedemikian cepatnya.  Banyak para produsen tangki yang mengecat tangki dengan warna yang cerah agar supaya lebih menarik dan juga lebih ekonomis. Inilah yang membuat kelemahan tersendiri di dalam tangki dari fiber, warna cerah mempermudah pertumbuhan lumut di dalamnya.

Padahal ada beberapa cara yang bisa di lakukan agar supaya tangki dari fiber bisa terhindar dari pertumbuhan lumut yang membandel.

  • Lokasi tangki

Letakkan tangki dari fiber Anda di tempat yang teduh dan jauh dari jangkauan sinar matahari langsung. Anda bisa membuatkan atap khusus untuk menaungi tangki dari paparan sinar matahari langsung atau dengan cara menempatkannya di lokasi yang terlindung dari sinar matahari.

  • Cat hitam

Setelah Anda menempatkannya di lokasi yang terbaik yaitu jauh dari sinar matahari, kemudian cat seluruh permukaan tangki Anda dengan menggunakan cat kayu yang berwarna hitam. Pastikan seluruh permukaan tangki tertutup dengan sempurna sehingga tidak membiarkan sinar matahari masuk barang setitik sekalipun.

  • Cat putih

Setelah Anda mengecatnya dengan warna hitam, tunggu hingga kering setelah itu Anda bisa mengecatnya dengan cat kayu yang berwarna putih. Jika cat hitam berfungsi untuk mencegah sinar matahari menembus tangki, maka cat putih berfungsi untuk menolak sinar matahari yang menuju tangki fiber.

Related posts: