Tips Dalam Menjaga Kesehatan Mata

By | March 9, 2017

tips kesehatanMata yang merupakan salah satu panca indra yang penting bagi kehidupan setiap manusia. Sebab dengan mata kita dapat menikmati segala bentuk ciptaan Tuhan. Karena itulah ada baiknya jika kita terus menjaga kesehatan mata kita, agar terus dapat menikmati segala yang diciptakan oleh Yang Maha Kuasa. Caranya ya tentu saja selalu mengkonsumsi makanan yang dapat menyehatkan mata kita seperti wortel yang banyak mengandung betakaroten yang kemudian diolah menjadi vitamin A yang tentunya sangat baik untuk mata. Kemudian mengkonsumsi buah tomat yang juga kaya akan vitamin A, vitamin C juga lycopene yang juga sangat baik dalam menyehatkan mata.

Kubis juga dapat membantu menyehatkan mata karena kandungan lutein dan zeaxanthin yang dapat menghindari penyakit katarak. Kemudian telur yang memiliki kandungan gizi seperti vitamin A, D, B12, lecithin, zinc, lutein dan cysteine. Dan selain mengkonsumsi makanan yang menyehatkan mata ada baiknya untuk melakukan hal-hal yang dapat merawat kesehatan mata. Seperti menghindari pemakaian lensa kontak lebih dari 19 jam. Kemudian kurangi menggunakan obat tetes mata meskipun untuk mengobati mata merah, sebab jika berlebihan justru akan merusak mata itu sendiri. Dan jika Anda berada di luar ruangan pada siang hari yang terik gunakanlah kacamata hitam sebagai pelindung mata dari paparan sinar ultraviolet secara langsung. Sebab jika tidak bukan tidak mungkin mata Anda akan katarak.

Janganlah membaca ditempat yang redup atau kurang cahayanya sebab hal ini akan menyebabkan otot mata menjadi tegang dan lelah. Dan janganlah langsung melihat cahaya yang terang seperti lampu yang tinggi wattnya dan juga jangan langsung melihat matahari. Sebab hal ini akan membuat mata Anda menjadi sakit. Dan jika mata Anda lelah karena terlalu lama membaca atau melihat latar computer atau layar hp cobalah untuk melatih otot mata Anda dengan memfokuskan mata Anda dengan pandangan jauh atau juga hijau, kemudian memandang dengan jarak dekat. Dan ulangi hal demikian secara berulang beberapa kali. Demikian ulasan ini semoga bermanfaat bagi Anda.

Related posts: