Sertifikasi ISO 9001 mayoritas telah dimiliki oleh berbagai perusahaan yang ada di Indonesia. Hal tersebut menunjukkan fakta bahwa ternyata sebagian besar perusahaan yang ada di Indonesia telah memiliki kualitas mutu yang diakui oleh dunia. Banyaknya perusahaan yang lulus tentu tidak lepas dari peran konsultan ISO 9001 yang telah menjamin kelulusan bagi perusahaan yang menggunakan jasa tersebut. Oleh karenanya sangat penting bagi Anda yang memiliki perusahaan namun belum melakukan pengajuan sertifikasi ISO 9001 untuk menggunakan jasa konsultan agar mempermudah Anda dalam pengurusan sertifikasi.

Tindak Lanjut Sertifikasi ISO 9001 yang Harus Anda Ketahui

Apabila suatu perusahaan telah memiliki sertifikasi dari ISO 9001 maka secara tidak langsung perusahaan tersebut memiliki tanggung jawab moral untuk menjaga kualitas mutunya. Akan tetapi kebanyakan perusahaan hanya menganggap sertifikasi ISO 9001 sebagai simbolis semata. Padahal sebenarnya ada tindak lanjut yang harus Anda lakukan ketika telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001. Berikut ini adalah uraian mengenai tindak lanjut sertifikasi ISO .

  • Menunjuk pihak tertentu yang bertujuan untuk menjalankan hasil dari sertifikasi ISO

Tindak lanjut pertama yang harus Anda lakukan ketika telah lulus sertifikasi ISO 9001 adalah dengan menunjuk pihak tertentu yang bertujuan untuk menjalankan hasil dari sertifikasi ISO. Pihak tersebut juga memiliki fungsi khusus untuk mengawasi segala bentuk penerapan atau implementasi ISO 9001 yang ada di perusahaan. Anda juga dapat menggabungkan konsultan ISO 9001 dalam tim ini agar terbentuk tim pelaksana ISO 9001 yang lebih efektif dan efisien.

  • Membuat bagan alir yang merepresentasikan hasil dari ISO 9001

Setelah membuat tim khusus  yang bertujuan untuk mengawasi pelaksanaan penerapan ISO 9001 maka langkah yang harus dilakukan selanjutnya ialah dengan membuat bagan alir mengenai pelaksanaan hasil ISO 9001. Bagan tersebut dapat menjadi roadmap bagi pelaksanaan ISO ke depannya. Selain itu bagan tersebut haruslah diketahui, dimengerti, dan komunikasikan ke semua pihak dalam perusahaan sehingga mempercepat proses penerapannya.

  • Membangun komitmen bersama untuk penerapan sertifikasi ISO

Penerapan sertifikasi ISO tidaklah berjalan dalam kurun waktu yang sempit artinya membutuhkan waktu yang berkesinambungan dalam proses penerapannya. Oleh karenanya sangat penting bagi Anda untuk membangun komitmen bersama antar anggota perusahaan agar tetap terjaga kesinambungan dari implementasi ISO 9001.

Demikianlah beberapa tindak lanjut dari penerapan sertifikasi ISO 9001. Kunjungi www.globalkonsultan.com untuk mendapatkan jasa konsultan terpercaya yang dapat menjamin kelulusan sertifikasi Anda.

Related posts: