Teknik Public Speaking Bagi Pemula

By | March 26, 2017

public speakingPublic speaking adalah teknik berbicara di depan banyak orang. Berbicara di depan banyak orang bukanlah hal mudah. Banyak orang yang merasa takut dan gugup saat harus berbicara di depan orang banyak. Apalagi jika hal tersebut adalah untuk pertama kalinya, seseorang akan merasa gugup dan kurang percaya diri. Semua teknik berbicara di depan umum tersebut sebenarnya dapat dipelajari. Mulai dari cara berbicara hingga bagaimana menambah rasa percaya diri agar tidak grogi di depan pendengar bisa dipelajari dengan mudah termasuk untuk para pemula.

Public Speaking Mudah Bagi Pemula

Ada banyak orang yang takut dengan public speaking karena berbagai alasan. Biasanya saat melakukannya pertama kali, ada berbagai macam ketakutan yang muncul, seperti malu, grogi, suka merasa gugup, merasa tidak akan bisa, tidak biasa berbicara di depan umum, takut “nge-blank”, dan takut salah bicara. Atau mungkin anda biasa mendengar istilah demam panggung? Memang hal-hal tersebut kerap sekali dialami saat harus berbicara di depan banyak orang. Anda harus bisa mengatasi hal-hal tersebut jika ingin menjadi pembicara yang sukses. Pertama, anda harus mempersiapkan mental terlebih dahulu. Persiapan mental ini sangat diperlukan agar anda lebih percaya diri saat berada di atas panggung. Anda harus meyakinkan diri anda sendiri bahwa anda bisa melakukannya.

Selanjutnya untuk mengatasi gugup saat melakukan public speaking anda bisa menghafalkan materi yang akan dibawakan dengan sebaik-baiknya. Dengan hafal materi yang akan dibawakan anda bisa mengatasi gugup anda. Selain itu hal ini juga akan menghindarkan anda dari lupa materi atau blank saat di atas panggung. Pastikan bahwa materi yang akan dibawakan benar-benar sudah anda kuasai. Perbanyaklah membaca dan mengumpulkan semua data yang berhubungan dengan materi yang akan anda bawakan agar jika suatu saat anda lupa dengan pokok materinya anda tetap dapat menjelaskannya dengan kata-kata yang lain. Terakhir, anda harus tarik napas dalam-dalam sebelum memulai berbicara. Hal ini dapat membantu anda agar lebih rileks. Lalu yakinkan diri anda kembali bahwa anda bisa melakukannya.

Related posts: