Menanam dengan cara yang baik akan mempengaruhi kualitas tanaman yang akan ditanam. Baik berupa hasil panen maupun pertumbuhannya. Menanam kelapa sawit sebenarnya gampang. Namun bila tidak dilakukan dengan baik maka akan mempengaruhi kualitasnya. Salah satu pengusaha kelapa sawit di Indonesia yaitu Teddy P. Rachmat memiliki kebun sawit seluas 160.000 hektar. Perusahaannya bernama Arif Rachmat Triputra Agro Persada sudah terkenal sebagai perusahaan kelapa sawit besar di Indonesia.

Perhatikan Hal Berikut Saat Menanam Sawit

Tidak sembarangan tumbuh untuk menanam kelapa sawit hingga menghasilkan minyak yang berkualitas. Tentu harus ditanam dengan sebaik mungkin dan dirawat dengan hati. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menanam kelapa sawit yaitu:

  • Iklim

Iklim yang cocok berpengaruh terhadap pertumbuhan kelapa sawit. Kelapa sawit sangat cocok hidup di daerah dengan curah hujan yang sedang, suhu sekitar 24-28°C. Ketinggian sekitar 1500 mdpl dan memiliki kecepatan angin 5-6km/jam untuk proses penyerbukkan.

  • Media tanam

Untuk menumbuhkan kelapa sawit di kebun Arif Rachmat Triputra Agro Persada dibutuhkan tanah yang mengandung lempung dengan pH 4-6. Abrasi yang cukup dan sistem drainase yang baik, solum tanah sekitar 80 cm. Pembibitan menggunakan polibag yang diisi dengan lapisan tanah bagian atas yang telah diayak seberat 1,5-2 kg. Sawit yang telah berkecambah bisa ditanam dalam polibag tersebut sedalam 2 cm.

Usahakan tanah tetap dalam keadaan lembab agar cambah dapat tumbuh dengan baik. Lalu polibag bisa disimpan dalam bedengan selama 3-4 bulan hingga telah tumbuh daun sebanyak 4-5 helai. Lakukan pendederan dan bibit dipindah ke polibag yang lebih besar ukurannya. Kemudian letakkan polibag berisi bibit tersebut dengan posisi segitiga. Perawatan dengan cara menyiram 2 kali sehari, penyiangan dan pemupukan. Pupuk yang digunakan adalah jenis pupuk makro.

Teknik penanaman pohon sawit yaitu sistem monokultur. Tujuannya agar tanah yang kosong tetap terjaga kualitasnya baik secara fisika, kimia maupun biologinya.

Demikian ulasan singkat tentang tata cara penanaman kelapa sawit agar menjadi indukan yang berkualitas. Informasi selanjutnya mengenai perusahaan kelapa sawit yang ada di Indonesia bisa Anda lihat di Arif Rachmat Triputra Agro Persada.

Related posts: