Tahukah Anda Bagaimana Cara Merawat Kuku?

By | April 24, 2017

tips kecantikanMenjaga kebersihan seluruh bagian tubuh merupakan hal yang wajib kita lakukan. Mengapa? Karena dengan tubuh yang bersih maka kita akan terhindar dari bakteri-bakteri yang bisa jadi menempel di bagian tubuh kita, sehingga tubuh lebih sehat. Selain itu, dengan membersihkan tubuh maka kita akan terlihat lebih segar. Sayangnya, ada salah satu bagian tubuh yang sering dilupakan, padahal sangat penting kebersihannya, yaitu kuku. Orang-orang sibuk merawat wajah agar tidak berjerawat atau memutihkan badan agar lebih putih dan bersih, namun seringkali lupa akan pentingnya menjaga kebersihan kuku. Saat Anda mengabaikan perawatan kuku, maka kemungkinan bakteri masuk ke tubuh akan semakin besar ketika Anda makan menggunakan tangan. Untuk mencegah itu semua, maka Anda harus lebih sering merawat dan memerhatikan kebersihan kuku Anda.

Tips Menjaga Dan Merawat Kesehatan Kuku Dengan Baik

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat kuku agar tetap sehat dan bersih, seperti:

  1. Memotong kuku secara rutin.
  2. Jangan melakukan kebiasaan buruk menggigit kuku.
  3. Saat memotong kuku, gunakanlah gunting kuku yang tajam.
  4. Mengonsumsi makanan bergizi, contohnya yaitu yoghurt.
  5. Kurangi penggunaan cat kuku.
  6. Jangan merendam kuku terlalu lama dalam air karena dapat menyebabkan kuku menjadi mudah rusak dan pecah.
  7. Hindari paparan secara langsung bahan kimia pada kuku.
  8. Mencuci tangan setelah selesai melakukan aktivitas.
  9. Saat melakukan pekerjaan yang berat diusahakan memakai sarung tangan sehingga bisa melindungi kuku dari gesekkan atau goresan.
  10. Lakukan perawatan kuku menggunakan minyak zaitun, teh hijau, alpukat, susu, minyak kelapa, sari apel, dan bahan lain yang dapat menyehatkan susu.

Jika Anda menerapkan tips-tips di atas, baik kuku tangan maupun kuku kaki Anda pasti akan terlihat lebih bersih, sehat, dan mengkilap. Selain itu, Anda juga bisa sesekali mendatangi klinik kecantikan untuk berkonsultasi dengan dokter yang ahli di bidang tersebut. Ingatlah, bahwa menjaga kebersihan merupakan salah satu sebagian dari iman. Dengan menjaga kebersihan kuku, maka Anda dapat menghindari terjadinya penyakit yang disebabkan karena infeksi bakteri dari kuku. Oleh karena itu, rajinlah merawat dan membersihkan kuku Anda.

Related posts: