Ketika Anda ingin menjaga kesehatan kulit dari paparan sinar matahari yang berbahaya, gunakanlah tabir surya pada kulit yang terpapar langsung, seperti bagian wajah, punggung tangan, dan sebagainya. Terdapat dua jenis tabir surya yang bisa dipilih, yaitu Sunblock dan Sunscreen.

Inilah Penjelasan Singkat Mengenai Sunblock dan Sunscreen

Well, kedua jenis tabir surya tersebut berbeda antara satu dan lainnya. Perbedaan tersebutlah yang perlu Anda ketahui agar bisa memilih produk yang tepat. Mari simak penjelasan di bawah ini mengenai perbedaan dari kedua jenis tabir surya tersebut.

Sunblock Itu Apa Sih?

Sebelum membahas perbedaan kedua jenis tabir surya tersebut, Anda perlu tahu mengenai pengertian dari sunblock itu sendiri. Sunblock merupakan tabir surya fisik yang berfungsi untuk menghalangi atau menangkal sinar matahari dengan cara membangun lapisan perlindungan pada permukaan kulit.

Tekstur dari sunblock ini berwarna putih susu, kental, dan dapat dilihat dengan jelas oleh mata.

Memang, Sunscreen Sendiri Apa?

Sedangkan sunscreen merupakan tabir surya kimiawi yang berfungsi sebagai penyerapan sinar matahari yang sudah terlanjur meresap ke dalam kulit dan bekerja dengan cara menembus lapisan permukaan kulit teratas layaknya spons

Perbedaannya Apa?

Apabila ditinjau dari cara bekerjanya saja sudah berbeda. Sunblock berfungsi untuk melindungi permukaan kulit sehingga kulit Anda dapat menghalangi sinar matahari langsung. Cara pemakaian tabir surya yang satu ini dapat diaplikasikan secara langsung. Maksudnya, Anda tidak perlu menunggu agar sunblock ini dapat bekerja.

Tak hanya itu saja, mineral-mineral aktif yang terdapat pada sunblock tidak akan membuat iritasi pada kulit, tak seperti sunscreen. Sunscreen mengandung beragam senyawa kimia yang harus diserap oleh kulit agar bisa bekerja secara maksimal. Untuk jenis kulit sensitif, hindarilah pemakaian sunscreen karena dapat memicu alergi.

Ditambah lagi, jika Anda ingin menggunakan sunscreen saat diluar ruangan, Anda harus menunggu sekitar 30 menit terlebih dahulu agar sunscreen dapat meresap ke dalam kulit. Selain itu, Anda harus rajin-rajin mengaplikasikan sunscreen setiap beberapa jam sekali karena tidak bersifat long last seperti sunblock yang hanya digunakan untuk satu kali pemakaian saja.

Itulah penjelasan singkat mengenai perbedaan antara sunblock dan sunscreen.

Related posts: