Apakah ada dari Anda yang sudah pernah mendengar Taman Wisata Situ Mustika? Jika belum pernah, taman di Kota Banjar satu ini merupakan destinasi yang memang lama di daerah Banjar. Tetapi pada taman wisata Banjar Situ Mustika ini hadir dengan tampilan baru yang pastinya lebih segar dan juga Instagrammable.  Memang Taman Wisata Banjar Situ Mustika ini lama tidak terdengar karena seiring turunnya popularitas karena kurangnya penataan.

Taman Wisata Situ Mustika

Tetapi sekarang, Taman Wisata Banjar Situ Mustika ini mulai bangkit, sekarang destinasi wisata Banjar satu ini adalah sebuah taman indah yang sangat cocok untuk selfie atau swafoto karena sangat Instagramable. Lokasi Taman Wisata Banjar Situ Mustika ini yaitu pada Kelurahan Purwaharja, Kec. Purwaharja, di Kota Banjar. Lokasi Taman Wisata Banjar Situ Mustika ini bisa dibilang sangat strategis, hal tersebut dikarenakan taman wisata ini berada cukup dekat dengan Jln. Nasional Banjar. Tetapi mungkin dikarenakan kurangnya perawatan, taman wisata tersebut tidak terlalu dikenal khalayak luas.

Awalnya, lokasi Taman Wisata Banjar Situ Mustika tersebut hanya sebuah danau dengan dikelilingi hutan pinus yang dimiliki oleh Perhutani. Tetapi kondisinya kurang menarik, sehingga membuat obyek alam wisata alam satu ini ditinggalkan pengunjung. Apalagi ketika sedang musim kemarau, maka debit air akan berkurang bahkan bisa mengering.

Karena prihatin terhadap kondisi tersebut, maka masyarakat setempat bekerja sama sepakat dengan pihak Perhutani untuk dapat mengembalikan kejayaan taman wisata yang menjadi kebanggaan warga Banjar tersebut. Pada awal 2018, Taman Wisata Banjar Situ Mustika ini menjadi taman yang sangat cocok dikunjungi untuk berswafoto, dengan background yang menarik dan indah.

Kondisi alam pada lokasi Taman Wisata Banjar Situ Mustika ini sangat mendukung, hal tersebut dikarenakan penuh dengan rindang hutan pinus. Ada banyak jenis bunga di Taman Wisata Situ Mustika yang ditanam serta beberapa spot berfoto yang unik, yaitu seperti spot taman bunga dengan bentuk hati. Ada juga spot foto berbentuk hati, serta rumpun bambu mirip dengan gua. Ada juga rumah pohon pada taman di Kota Banjar ini.

Related posts: