Siapakah Yang Berhak Menjadi Pengembang RPP Dan Silabus SD Kelas 1 2 3 4 5 Dan 6 Kurikulum 2013

By | December 10, 2016

RPP dan Silabus SD Kelas 1 2 3 4 5 dan 6 Kurikulum 2013Tahukah Anda bahwa RPP Dan Silabus SD Kelas 1 2 3 4 5 Dan 6 Kurikulum 2013 merupakan pedoman pembelajaran yang disusun berdasarkan alokasi waktu yang telah ditentukan sesuai dengan mata pelajarannya selama penyelenggaraan pendidikan tersebut terselenggara di tingkat satuan pendidikan, khususnya disini adalah SD. Para pelaku pengembang silabus atau pelaku penyusunan silabus adalah semua guru kelas maupun guru yang mengajarkan mata pelajaran tertentu pada satu tingkat satuan pendidikan tertentu. Dan pengembangan silabus ini dilakukan secara bersama-sama, namun tahukah Anda siapa saja yang berhak untuk melakukan pengembangan pada silabus dan RPP tersebut? berikut ini penjelasannya.

Inilah Para Pelaku Pengembangan RPP Dan Silabus SD Kelas 1 2 3 4 5 Dan 6 Kurikulum 2013

Sebenarnya pengembangan RPP Dan Silabus SD Kelas 1 2 3 4 5 Dan 6 Kurikulum 2013dapat dilakukan oleh para guru, dan hal ini bisa dilakukan secara mandiri ataupun berkelompok. Yang dimaksudkan berkelompok disini adalah apabila dalam sebuah sekolah atau beberapa sekolah membentuk sebuah kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) atau kelompok Pusat Kegiatan Guru (PKG) dengan kelompok dari Dinas Pendidikan. Perlu diketahui apabila pengembangan RPP dan silabus yang disusun secara mandiri oleh guru, harus dilakukan berdasarkan pengalaman guru tersebut untuk mengenali karakteristik dari siswanya, kondisi sekolahnya, dan juga lingkungan yang ada di sekitar siswanya. Kemudian mengapa dibentuk beberapa kelompok untuk membahas RPP dan silabus, hal ini dikarenakan para guru yang tidak memiliki kompetensi dasar untuk mengembangkan silabus. Dan biasanya untuk tingkatan SD, RPP dan silabus ini disusun secara bersama oleh guru yang bersangkutan.

Selain itu bagi para guru mata pelajaran yang belum mampu membuat silabus secara mandiri, Anda bisa bergabung dengan para kelompok yang melalui forum MGMP atau PKG mempromosikan bersama-sama kurikulum 2013 yang mereka gunakan. Namun jika seorang guru tersebut benar-benar tidak bisa diajak bekerja sama tim, maka dari pihak Dinas Pendidikan akan memberikan fasilitas penyusunan RPP Dan Silabus SD Kelas 1 2 3 4 5 Dan 6 Kurikulum 2013 dengan para guru yang memiliki pengalaman dalam menyusun kurikulum.

Related posts: