Soal seni budaya kelas 10 terdapat macam-macam materinya. Mulai dari seni rupa bentuk 2 dimensi sampai 3 dimensi. Untuk saat ini, kami akan mencoba berbagi materi tentang kesenian 3 dimensi. Ada beberapa macam unsur dalam karya seni 3 dimensi. Masing-masing unsurnya perlu dipelajari karena selalu keluar dalam soal ujian. Namun karena unsur-unsur dalam kerajinan 3 dimensi itu banyak sekali dan sulit dipahami, kami akan merangkumnya menjadi beberapa poin dengan kalimat yang mudah dicerna.

Unsur-unsur yang  Terdapat dalam Seni 3 Dimensi

Soal seni budaya kelas 10 memang sangat banyak, sehingga tak jarang membuat siswanya merasa kewalahan dalam mengingatnya. Agar lebih mudah diingat, maka yang perlu dilakukan oleh siswa adalah merangkum. Untuk itu kali ini kami akan coba memberikan rangkuman terkait sejumlah unsur dalam karya 3 dimensi.

  • Titik

Titik adalah unsur yang paling kecil dalam sebuah gambar. Dengan titik ini maka Anda dapat melihat sebuah garis, lengkungan, simbol, angka dan sebagainya. Jadi setiap kali akan membuat seni 3 dimensi, akan didahului dengan sebuah titik.

  • Bidang

Ketika garis dapat dikombinasikan maka nantinya akan membentuk sebuah bidang. Kemudian untuk dimensinya sendiri, bidang memiliki macam-macam jenisnya. Contohnya seperti lebar, panjang serta pipih. Kemudian untuk bidang yang saling menyatu nantinya akan membentuk satu bangun ruang.

  • Garis

Garis adalah sebuah goresan yang menuju suatu arah. Dengan adanya garis maka Anda dapat membuat sebuah seni, misalnya seperti bangun ruang dan suatu bidang. Ketika membuat garis, ada beberapa jenis garis, contohnya adalah garis tebal, garis miring, garis patah-patah dan sebagainya.

  • Bentuk

Arti dari bentuk dapat langsung terlihat dari bagaimana bentuk bangunannya. Jadi ketika berbicara bentuk, Anda akan dapat menjelaskan identitas dari bangunan. Bentuk dapat diartikan garis yang terhubung, namun ada pula orang yang menilainya dalam sudut pandang berbeda.

  • Tekstur

Mendengar kata tekstur, tentu Anda akan langsung terbayang terkait apa yang dimaksud dengan tekstur. Jadi tekstur merupakan karakteristik dari sebuah permukaan. Anda dapat merasakannya dengan melalui indera peraba. Tekstur sebuah permukaan dapat berupa halus, lembut, kasar, licin dan sebagainya.

Ke-lima unsur dari karya 3 dimensi tersebut selalu ditemukan di lingkungan kita. Dengan adanya rangkuman ini pun Anda jadi mudah dalam menangkap dan mencerna materinya. Jadi ketika Anda akan menghadapi ujian berupa seni budaya jadi mudah dalam menjawabnya. Untuk menambah wawasan soal seni budaya, kunjungi http://www.pengertians.xyz/2018/09/contoh-soal-uas-seni-budaya-kelas-x_78.html.

Related posts: