Sejarah Kubah Masjid

By | June 13, 2017

kubah masjidKubah Masjid memiliki nilai sejarah yang sangat panjang. Sebenarnya tujuan dari adanya kubah ini adalah sebagai atap masjid yang sekaligus menandakan keberadaan sebuah masjid tersebut. Selain itu dengan adanya kubah dari masjid juga memudahkan imam ketika melakukan khotbah karena dengan adanya kubah tersebut suara imam dapat terdengar baik ke seluruh jama’ah yang berada di sekitar karena terjadinya resonansi gelombang bunyi. Dulunya masjid hanyalah bangunan biasa saja yang tak memiliki banyak ornamen-ornamen seperti saat ini. Dimana dulunya tidak ada yang namanya menara, tidak ada atap serta tidak terdapat juga kubah. Zaman Nabi Muhammad SAW masjid hanya dibuat sederhana saja hanya memiliki bangunan di sisi kanan kira dan atapnya juga berasal dari pohon-pohon kurma.

Lalu Bagaimana Dengan Kubah Masjid Sekarang?

Keadaan seperti di atas adalah masjid zaman Rasulullah SAW di Madinah. Bentuk bangunan sangatlah sederhana tidak dipenuhi dengan ornamen-ornamen, hiasan-hiasan, maupun kubah. Dulunya orang ketika ingin adzan juga tidak memakai pengeras suara karena memang belum ada pengeras suara, mereka hanya mengandalkan bangunan yang tinggi lalu adzan di bangunan yang tinggi tersebut. Sekarang tidak seperti dulu lagi. Perubahan zaman berpengaruh juga terhadap teknologi serta bangunan-bangunan. Dulu yang masjid awalnya tidak mempunyai kubah, sekarang mempunyai kubah masjid. Kubah sekarang juga banyak mengalami inovasi-inovasi serta perkembangan yang lebih pesat. Masjid sekarang tidak perlu membuat orang harus naik ke tempat yang lebih tinggi untuk adzan, tetapi cukup dengan pengeras suara.

Sekarang bentuk dari kubah sangat beraneka macam, diantaranya ada yang bentuknya setengah bola, ada yang bentuknya setengah bola, ada yang bentuknya bola lalu ada runcing di ujungnya, dan alin-lainnya masih banyak lagi sesuai dengan kontraktor yang membangun masjid tersebut. Sekarang kubah juga tak hanya berukuran satu, tetapi disesuaikan dengan banyaknya masjid tersebut. Selain hal tersebut di atas, kubah ternyata juga memiliki tujuan sebagai persatuan dan kesatuan umat Islam di seluruh dunia terutama Arab-Mediterania yang sangat berpengaruh terutama pada kubah masjid.

Related posts: