Pergaulan bebas di Indonesia saat ini sudah mencapai pada tahap yang cukup mengkhawatirkan. Bagaimana tidak, pada beberapa tahun terakhir ini sudah banyak kasus penangkapan narkoba, minuman-minuman keras hingga penggerebekan remaja yang melakukan perbuatan seks terlarang. Selain melanggar hukum negara dan agama, berhubungan seks bebas dan penggunaan narkoba sangat berisiko untuk menularkan penyakit seksual. Contoh penyakit menular seksual yang semakin meningkat jumlahnya di Indonesia adalah penyakit HIV.

Mengenal Penyakit HIV

Penyakit HIV adalah penyakit menular seksual yang menyerang sistem kekebalan tubuh. HIV disebabkan oleh virus Human Immunodeficiency Virus (HIV). Virus ini ditularkan melalui cairan tubuh. Oleh karena itu, berhubungan seks bebas dan pemakaian jarum suntik bersama sangat memungkinkan penularan penyakit ini. Tanda dan gejala penyakit HIV tidak langsung dapat diamati, karena masa inkubasi virus HIV yang lama pada tubuh. Sehingga, tidak jarang penderita HIV ditemukan setelah mencapai tahap yang cukup parah. Orang yang sudah terinfeksi HIV, akan sangat mudah terserang penyakit. Penyakit influenza pada penderita HIV saja bisa menyebabkan kematian karena sistem kekebalan tubuh yang sangat lemah.

Tips Terhindar Dari Penyakit HIV

Setelah membaca tulisan diatas, tentunya kita tidak ingin terkena penyakit HIV. Oleh sebab itu kita perlu menjaga kesehatan kita agar terhindar dari penyakit menyeramkan ini. Hal yang dapat Anda lakukan untuk terhindar dari HIV adalah dengan menjalankan tips berikut ini:

  1. Tidak berhubungan seks bebas

Seks bebas adalah tindakan yang paling memiliki peluang besar untuk tertular HIV. Anda dapat tertular virus HIV dari pasangan yang sudah terinfeksi HIV. Walaupun pasangan seks Anda mungkin terlihat sehat, dalam tubuhnya bisa jadi terdapat virus HIV.

  1. Menghindari pemakaian jarum suntik bersama

Jarum suntik yang telah dipakai orang lain, memiliki kemungkinan telah terkontaminasi virus HPV. Karena virus ini mampu bertahan hidup pada sela-sela jarum suntik.

  1. Menggunakan kondom

Penggunaan kondom ketika berhubungan seksual dapat mencegah Anda tertular virus HIV. Jika Anda ingin berhubungan seksual secara aman dan tidak tertular penyakit, Anda dapat menggunakan kondom.

  1. Setia pada pasangan

Dengan setia pada pasangan yang kita percaya tidak menderita HIV, Anda dapat dipastikan tidak menderita HIV.

Related posts: