Dalam kehidupan sehari-hari masyarakat harus menjaga kesucian dan kebersihan diri dan salah satunya dengan cara mandi wajib atau mandi besar. Mandi besar akan dilakukan oleh masyarakat yang sudah cukup umur baik laki-laki dan juga dewasa dengan beberapa alasan atau sebab-sebab mengharuskan melakukan mandi besar. Nah, sebab kebersihan adalah sebagian dari iman maka bagi masyarakat muslim perlu memperhatikannya.

Untuk melakukan mandi besar pun ada tata caranya sehingga tidak sembarangan melakukan pembersihan atau penyucian diri dari hadas kecil dan hadas besar. Nah, perlunya masyarakat muslim melakukan mandi besar adalah supaya badan menjadi bersih dan bisa melakukan kegiatan ibadah karena sudah terbebas dari hadas besar dan kecil. Nah, sebelum lebih jauh mempelajari mandi besar simak rukun melakukan mandi besar berikut ini.

Penjelasan Rukun Mandi Wajib

Rukun mandi wajib atau mandi besar yang tepat adalah :

  1. Niat

Rukun yang pertama melakukan mandi besar adalah niat untuk membersihkan hadas besar. Nah, karena segala sesuatunya itu perlu disertakan dengan niat maka melakukan mandi besar juga wajib diawali dengan niat. Sebelum melakukan mandi besar masyarakat muslim harus membaca niat.

  1. Membasuh seluruh tubuh

Kemudian rukun yang kedua adalah membasuh seluruh tubuh atau semua anggota tubuh dengan air. Termasuk bagian-bagian dari kulit hingga rambut harus terkena air semuanya sehingga akan bersih. Selain itu, saat mandi besar juga harus membersihkan bagian kemaluan, telinga dan sela-sela jari. Yang paling penting adalah dari ujung rambut sampai ujung kaki harus terkena air.

  1. Rambut dalam keadaan terurai

Rukun yang ketiga adalah saat mandi wajib rambut harus dalam keadaan terurai baik itu tidak ditutupi oleh penutup kepala dan juga tidak terikat. Saat mandi keadaan rambut harus benar-benar bisa terkena dengan air sehingga perlu diurai semuanya.

  1. Memberikan wewangian

Rukun yang keempat adalah memberikan wewangian setelah mandi besar terutama bagi wanita setelah masa haid. Memberikan atau menggunakan wewangian pada wanita setelah mandi besar karena haid ini tidak wajib tetapi sunah. Nah, Anda bisa membersihkan kemaluan dengan bahan-bahan yang sedikit wangi.

Itulah rukun-rukun yang terdapat di dalam mandi wajib yang harus diperhatikan masyarakat muslim.

Related posts: