Lebah menjadi salah satu hewan yang banyak diternak karena dapat mendatangkan banyak keuntungan. Madu menjadi salah satu bagian lebah yang banyak diambil. Ternyata, ada banyak bagian lain yang bisa dimanfaatkan dan dapat dijual, salah satunya adalah royal jelly. Susu lebah atau yang lebih dikenal dengan royal jelly merupakan susu yang dihasilkan oleh sebuah koloni lebah. Royal jelly ini dimanfaatkan sebagai sumber makanan bagi ratu lebah. Meskipun demikian, banyak petani yang mengambil royal jelly untuk dijual karena dipercaya dapat bermanfaat bagi kesehatan.

Manfaat Royal Jelly untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan yang akan Anda peroleh dari royal jelly atau susu lebah:

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh terutama bagi mereka yang mengalami alergi

Sebuah penelitian berhasil membuktikan bahwa susu lebah atau royal jelly memiliki manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Pada penelitian ini disebutkan bahwa respons histamin pada alergen dapat ditekan setelah mengonsumsi histamin. Ini tentu akan sangat membantu bagi mereka yang mengalami alergi.

  • Meningkatkan kolagen dalam tubuh

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi suplemen yang mengandung royal jelly dapat membantu menurunkan kemungkinan penuaan dini yang disebabkan oleh radiasi sinar UV. Dengan mengonsumsi royal jelly, maka tubuh Anda akan memproduksi pro kolagen tipe I yang akan mengurangi efek penuaan dini akibat sinar UV.

  • Menyembuhkan luka

Madu sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu bahan yang dapat menyembuhkan atau mengatasi luka. Ternyata, royal jelly juga memiliki kemampuan untuk menyembuhkan luka. Dengan mengoleskan royal jelly pada bagian yang luka, maka akan membuat luka Anda menjadi lebih cepat kering.

  • Menurunkan tekanan darah

Terdapat sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa royal jelly dapat berperan dalam mengendurkan otot polos, pembuluh darah dan arteri. Hal ini membuat banyak spekulasi yang menyebutkan bahwa royal jelly dapat membantu mengatasi tekanan darah tinggi. Untuk membuktikan hal tersebut, maka dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

Demikian di atas merupakan beberapa manfaat kesehatan yang akan Anda peroleh ketika mengonsumsi royal jelly.

Related posts: