Ketika akan mendekati lebaran Idul Fitri, sudah menjadi sebuah tradisi masyarakat di Indonesia untuk melakukan mudik atau pulang kampung untuk mengunjungi sanak keluarga yang berada di kampung halaman. Ketika kegiatan mudik ini dilakukan, Anda biasanya akan meninggalkan rumah dalam waktu berhari – hari atau bahkan sampai seminggu lebih. Menurut tukang listrik, Anda haruslah meninggalkan rumah dalam keadaan aman, terutama sistem kelistrikannya.

Karena ketika Anda meninggalkan rumah dalam waktu yang lama tanpa memastikan sistem kelistrikan Anda dalam keadaan aman, maka akan ada banyak kemungkinan yang mungkin saja bisa terjadi seperti kebakaran akibat dari konsleting listrik. Tentu saja hal ini sangat mengerikan bila benar – benar terjadi pada rumah Anda. Maka dari itu Anda bisa meminta tukang listrik untuk melakukan pengecekan sistem kelistrikan rumah Anda sebelum Anda pergi mudik ke kampung halaman. Dengan begitu Anda akan merasa lebih tenang ketika meninggal rumah dalam keadaan tak berpenghuni meskipun dalam waktu yang lama.

Tips Mengamankan Listrik Rumah Sendiri

Jika tidak ingin mengeluarkan biaya untuk melakukan pengecekan, Anda bisa menjalankan beberapa tips berikut ini untuk menjaga sistem kelistrikan rumah Anda agar tetap aman ketika Anda tinggal mudik. Simaklah tips berikut ini.

  • Mematikan alat elektronik yang berdaya besar seperti AC, mesin cuci, mesin pompa air, TV, dan lain – lain. Sebab jika terus – terusan menyala akan dapat menimbulkan panas yang tinggi. Dan jika hal itu terjadi, maka akan melelehkan instalasi kelistrikannya dan menimbulkan konsleting listrik. Nah untuk lebih menjaga keamanan, sangat disarankan untuk mencabut steker masing – masing dari stopkontaknya.
  • Hanya menyalakan beberapa lampu yang sangat dibutuhkan dan memiliki daya yang kecil. Hal ini juga bertujuan untuk menghindari panas yang tadi sudah dijelaskan, selain itu juga bisa membantu menghemat biaya pemakaian listrik Anda.

Mungkin cukup sekian pembahasan kita pada artikel ini, mungkin untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi situs tukang-listrik.com, karena disana akan membahas tips mengenai cara mengamankan instalasi listrik dengan lebih lengkap dan jelas.

Related posts: