Punya Masalah Sembelit? Atasi dengan Langkah Berikut

By | December 5, 2016

tips kesehatanKetika menemui seseorang yang mendapati masalah sembelit, mungkin Anda tidak kaget akan hal tersebut. Pasalnya hampir dari semua orang pernah alami masalah tersebut. Sembelit sendiri adalah sebuah kondisi seseorang yang mengalami kesulitan ketika akan BAB. Para penderita sembelit pastilah tak akan merasa nyaman. Dengan begitu sembelit pun wajib segera dihilangkan. Namun bagaimana langkah tepat dalam mengatasinya? Jangan dibuat bingung karena pengatasan sembelit sendiri akan mudah sekali. Bahkan karena akan saking mudahnya, para penderita sembelit pun tidak memerlukan obat-obatan khusus dalam mengatasinya. Untuk langkah utama dalam mengatasi sembelit itu harus memperbanyak asupan serat. Untuk yang dimaksud dengan serat itu bukan merupakan serat hewani, melainkan serat sayuran.

Sayuran sangat cepat dalam menjadikan feses lunak. Dengan feses yang lunak maka akan membuat usus bisa bekerja lebih mudah. Selain meningkatkan konsumsi serat, Anda jangan sampai melupakan aktivitas olahraga. Sekalipun Anda nantinya mempunyai kesibukan pada bidang pekerjaan, namun hendaknya harus tetap perhatikan olahraga. Tubuh sangat butuhkan olahraga akan bugar dan bisa melancarkan metabolisme. Jika Anda senang dengan makanan berasa pedas, maka itu pun bisa jadi solusinya. Makanan pedas pasti akan merangsang kerja usus. Namun jikalau Anda punya maag, hendaknya jangan lakukan tips ini, karena itu bisa menyebabkan maag Anda menjadi kambuh.

Kembali lagi pada sayur-sayuran, sebenarnya tubuh Anda tak hanya akan membutuhkan sayuran saja, melainkan buah. Ada beberapa jenis buah yang nantinya akan sangat efektif dalam melancarkan pembuangan air besar. Beberapa diantaranya seperti buah pisang, buah jeruk nipis, kemudian buah pepaya dan buah lainnya yang memiliki kandungan air tinggi. Tak hanya itu, air pun akan memegang peranan cukup penting dalam membuat fesesnya lembut. Sehingga penuhi kebutuhan air putihnya setiap hari, jangan sampai kekurangan. Selain bisa sebabkan dehidrasi pada tubuh, kekurangan air pun sebabkan kesulitan dalam BAB. Umumnya kebutuhan air dari masing-masing tubuh manusia itu sebanyak 8 gelas untuk setiap harinya. Demikian langkah tepat yang efektif dalam pengatasan sembelit, semoga bermanfaat.

Related posts: