Public Speaking Untuk Pemula

By | August 24, 2017

public speakingDalam menyampaikan sesuatu, tentu harus dilakukan dengan berbagai cara salah satunya yaitu cara menyampaikannya dengan baik dan juga benar. Walaupun hanya sebatas berbicara, namun jika cara penyampaiannya yang salah maka semua orang pun juga akan menganggap bahwa yang diucapkan adalah salah. Nah, maka dari itu salah satu komunikasi yang tepat untuk harus Anda kuasai yaitu melatih Public Speaking. Hal ini merupakan salah satu cara untuk berbicara secara baik dan benar sesuai dengan ketentuan teknik yang sudah ditentukan dan kemudian menyampaikannya di depan umum.

Tips Melatih Cara Public Speaking Untuk Pemula

Teknik agar menguasai dengan mudah Public Speaking bisa dilakukan dengan cara-cara yang mudah yaitu dengan melatihnya sendiri. Beberapa tekniknya yaitu:

  1. Sikap spontan.

Menghafal teks memang diharuskan, namun sebaiknya Anda melakukan beberapa ucapan-ucapan yang spontan. Karena terlalu menghafal teks juga nantinya hasilnya kurang baik dan terkesan monoton.

  1. Menulis ringkasan materi.

Sebelum melakukan beberapa sikap yang spontan, Anda sebaiknya menulis beberapa materi yang akan Anda ucapkan, namun usahakan membuat ringkasan yang benar-benar singkat atau hanya sebutkan saja poin-poin apa sajakah yang akan Anda ucapkan.

  1. Melakukan interaksi kepada audience.

Tips yang berikutnya yaitu dengan melakukan interaksi pada audience, namun sesuaikan juga dengan kondisi Anda saat ini. Misalkan Anda menjadi seorang MC, maka Anda bisa memberikan semacam teka-teki pada beberapa audience Anda, atau dengan kata-kata yang lainnya.

Jadi itulah beberapa teknik-teknik yang bisa Anda lakukan untuk melatih Public Speaking secara mudah, cepat, dan juga praktis. Yang paling penting sebenarnya yaitu dengan jam terbang, jika Anda memiliki jam terbang yang tinggi dan juga cukup padat maka hasilnya pun juga akan maksimal. Anda bisa dengan sangat percaya diri untuk menyampaikan berbagai hal di depan umum. Siapkan juga mental dan fisik Anda dengan melakukan sarapan pagi, cukupkan banyak minum air putih, dan juga selalu menjaga kesehatan Anda agar tetap fit ketika berbicara di depan umum.

Related posts: