Ilustrasi_Makanan_Lebaran_08-06-17_12.21_.31_

Ilustrasi_Makanan_Lebaran_08-06-17_12.21_.31_

Artikel kali ini akan membahas mengenai bisnis kuliner saat hari raya. Hari raya Idul Fitri merupakan salah satu momen yang dimanfaatkan oleh banyak orang untuk makan  dengan sepuasnya. Momen ini biasanya menjadi suatu tugas khusus untuk para ibu rumah tangga untuk menyediakan makanan bagi keluarga, baik itu kudapan makanan ringan maupun makanan berat.

Peluang Bisnis Makanan Khas Lebaran

Sebelum berangkat ke masjid untuk melaksanakan salat sunah Idul Fitri disunahkan untuk memakan suatu makanan atau minuman terlebih dahulu karena pada saat hari raya diharamkan untuk berpuasa. Saat hari raya pun biasanya budaya berbagi makanan kepada tetangga maupun saudara akan dilaksanakan, terutama bagi Anda yang tinggal di wilayah pedesaan. Saat hari raya tidak boleh ada satu pun yang kelaparan sehingga setiap umat muslim wajib membayar zakat fitrah untuk menyucikan hartanya.

Indonesia memiliki jumlah penduduk terbanyak ke empat di dunia setelah India, China, dan Amerika. Jumlah penduduk Indonesia yang sangat banyak mayoritas warganya memeluk agama Islam. Hal ini menjadikan momen lebaran merupakan suatu agenda yang sangat istimewa dan dirayakan dengan meriah oleh semua warga yang ada di wilayah Indonesia. Budaya pun memberikan pengaruh pada jenis makanan yang dihidangkan saat lebaran. Berikut ini beberapa makanan yang ada di meja saat lebaran dan dapat Anda jadikan peluang usaha :

  • Kue Kering

Camilan menjadi suatu kudapan yang umumnya terhidang di meja saat hari raya tiba. Kue kering ini biasanya memiliki bentuk dan warna yang dapat menarik perhatian. Contoh kue kering yang umumnya tersaji saat lebaran yaitu kue putri salju, kue bolu coklat, kue nastar, kue keju, kue lidah kucing, dan sebagainya.

  • Opor dan ketupat

Kedua jenis makanan berat ini merupakan salah satu makanan wajib yang selalu terhidang di meja saat hari raya lebaran. Hal ini bisa jadi peluang usaha Anda apalagi bagi ibu rumah tangga yang juga sibuk bekerja dan tidak  sempat membuat opor dan ketupat.

Related posts: