Makanan-Penggemuk-Badan-Selai-Kacang

Tentunya Anda sudah paham bahwa saat ini masyarakat Indonesia sudah banyak yang mengonsumsi roti tawar untuk pengganti sarapan mereka. Selain praktis, menyajikan roti tawar pada saat sarapan juga terbilang lebih nikmat karena bisa dinikmati dengan aneka toping sesuai selera pada hari itu.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, kini semakin banyak jenis makanan yang menggunakan pengawet makanan. Sebut saja selai, coklat atau apa pun yang menjadi topping dari roti tawar sudah menggunakan pengawet makanan dan juga pewarna buatan. Dan konsumsi produk tersebut dalam jangka waktu lama bisa mengakibatkan adanya gangguan kesehatan dari mulai ringan hingga fatal.

Usaha Produk Tradisional Gulo Puan Sebagai Pengganti Selai Yang Alami

Nah jika saat ini banyak masyarakat yang mulai beralih ke berbagai makanan dan minuman yang alami. Kini Anda bisa menyajikan alternatif pengganti selai untuk topping roti tawar yang akan di santap untuk sarapan Anda. Produk tersebut bernama Gulo Puan. Berikut sekilas informasi tentang Gulo Puan asli Palembang Sumatera Selatan.

Gulo Puan adalah sebuah cemilan yang terbuat dari bahan gula dan susu. Dalam bahasa Palembang sendiri Gulo artinya gula dan puan artinya susu. Bahan utama pembuatan gulo puan ini adalah gula dan susu kerbau rawa yang kemudian di masak hingga 5 jam lamanya. Hasilnya berupa sebuah cemilan yang berbentuk karamel namun memiliki tekstur yang lembut dan berpasir.

Jaman dahulu kala cemilan ini hanya di konsumsi oleh para sultan atau para bangsawan yang ada di Palembang. Karena termasuk jenis makanan yang mahal dan eksklusif maka jumlahnya masih terbatas. Apalagi bahan susu kerbau rawa yang digunakan tak bisa sembarang kerbau. Hanya susu kerbau dari kabupaten Ogan Ilir lah yang bisa di pakai.

Produk cemilan tradisional ini kini bisa Anda buat meski mungkin dengan susu kerbau rawa yang ada karena sudah semakin sedikit jumlahnya. Namun produk ini bisa menggantikan keberadaan selai pada roti tawar. Bahkan biasanya masyarakat Palembang menggunakan produk ini untuk campuran minum kopi atau untuk olesan roti dan pisang goreng.

Sebenarnya banyak juga yang mencari produk ini sebagai oleh-oleh khas Palembang. Namun karena belum ada yang membuatnya dan memasarkannya secara luas sehingga masih belum banyak penjualnya. Anda bisa bekerja sama dengan masyarakat asli Palembang untuk membuatkan produk khas Palembang tersebut.

Related posts: