image_20180513_120656_3

image_20180513_120656_3

Tas adalah salah satu kebutuhan semua orang untuk memudahkannya dalam membawa banyak barang. Namun bagi wanita, tas memiliki fungsi lebih dari sekedar alat bantu untuk membawa banyak barang. Tas sudah dijadikan sebagai salah satu bagian dari fashion. Terbukti dari munculnya banyak tas branded dan tas berbagai jenis yang sebenarnya memiliki fungsi yang sama. Jika kita menilik dari sejarah perkembangan tas, sejarah tak menyebutkan kapan pastinya tas mulai dibuat dan digunakan. Masyarakat pada jaman dahulu tentu memiliki alat serupa tas yang digunakan untuk membawa barang seperti fungsi awal dari terciptanya tas.

Catatan Sejarah Awal Mula Tas

Awal mula kemunculan tas memang tidak ada yang mengetahui dengan pasti kapan pertama kali tas dibuat. Jelas tidak ada tas branded seperti sekarang pada awal mula dibuatnya tas. Sejarah mencatat bahwa pada masa Dinasti Tang di Cina pada sekitar 600 M- 900 M masyarakat dinasti tersebut sudah memakai tas yang terbuat dari kertas tebal.

Tas dari kertas tebal itu digunakan untuk menyimpan benda-benda ringan seperti teh. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Cina sangat terkenal dengan hasil tehnya sejak ribuan tahun yang lalu.  Selanjutnya, sejarah juga mencatat bahwa sejak sebelum abad ke 14, orang-orang Mesir mulai menggunakan tas pinggang untuk menyimpan barang berharga.

Sebelum abad ke 14, masyarakat Mesir biasa membuat tas dari bahan kulit hewan atau kayu. Namun, karena bahan kulit hewan semakin sulit didapat, masyarakat mulai berinovasi untuk memanfaatkan kulit sintesis, kain dan bahan vinyl. Tas pada masa ini digunakan untuk menyimpan banyak barang berharga seperti perhiasan, kitab, dan perhiasan. Pada masa ini, tas mulai diberi hiasan menarik untuk menunjukkan kelas sosial pemiliknya.

Setelah usainya perang dunia ke 2, tas modern seperti yang kita kenal saat ini mulai banyak dipropagandakan oleh media-media. Berbagai jenis tas branded mulai digembar-gemborkan oleh semua media. Buah dari propaganda tersebut dapat kita lihat saat ini. Tas menjadi sesuatu yang wajib dimiliki, khususnya wanita. Fungsi tas saat ini bukan hanya sebagai alat bantu, namun juga merupakan mode fashion yang akan menunjang penampilan kita.

Related posts: