image_20180118_061027_6

image_20180118_061027_6

Merek merupakan nama, simbol, desain dan lainnya yang digunakan oleh suatu perorangan, organisasi, maupun suatu perusahaan untuk dijadikan sebagai identitas. Tujuan dengan menggunakan merek sebagai suatu identitas adalah untuk membedakan produk satu dengan produk yang lainnya, sehingga dapat mempermudah masyarakat atau konsumen dalam menentukan suatu produk yang akan dikonsumsi. Namun, bagi Anda yang baru mengenal dan baru terjun dalam dunia bisnis dengan menggunakan merek yang Anda ciptakan sendiri tentunya ada hal penting yang harus diperhatikan dan salah satunya yaitu melakukan pendaftaran merek. Karena dalam berbisnis secara online maupun offline hal yang pertama pasti Anda temukan yaitu merek dagang, namun apa Anda mengetahui bahwa ada beberapa merek yang belum didaftarkan. Hal tersebut dikarenakan masalah biaya dan lainnya.

Berikut Ini Merupakan Langkah-Langkah Yang Harus Anda Lakukan Ketika Melakukan Pendaftaran Merek

Karena terkait masalah biaya dalam proses pendaftaran merek sehingga banyak sekali pebisnis yang menentukan untuk menjalankan bisnis terlebih dahulu lalu setelah itu mendaftarkan merek dagang mereka. Namun, jika Anda merupakan pebisnis yang patuh terhadap aturan sebaiknya Anda harus mengikuti langkah-langkah yang benar untuk memulai bisnis Anda. Yang pertama sebaiknya Anda melakukan penelusuran merek agar merek yang Anda ajukan tidak ditolak oleh pihak yang bersangkutan dengan cara menanyakan kepada pihak yang terkait dalam menangani kasus tersebut. Yang kedua yaitu Anda harus mempersiapkan persyaratan untuk mendaftar seperti surat-surat yang harus diajukan. Yang ketiga yaitu Anda harus mengetahui prosedur-prosedur yang harus Anda lakukan sebelum mendaftar seperti mengisi formulir, bukti pembayaran, dan lainnya sehingga sertifikat merek dapat terbit.

Tahap keempat dalam melakukan pendaftaran merek adalah pemeriksaan kelengkapan dokumen yang sudah Anda siapkan, jika dokumen yang Anda ajukan masih belum lengkap pihak yang bersangkutan akan mengembalikannya dan memberi waktu sekitar 2 bulan. Setelah disetujui, maka akan diumumkan permohonan  tersebut dalam berita resmi. Jika pemohon merasa keberatan, Anda dapat mengajukan keberatan secara tertulis. Apabila pemohon melakukan keberatan maka akan dilakukan pemeriksaan kembali. Langkah-langkah tersebut cukup rumit namun kembali lagi jika Anda ingin memulai usaha yang baik sebaiknya dimulai dengan sesuatu yang baik pula.

Related posts: