Untuk menjadi sebuah daerah yang maju tentu saja harus didukung dengan kualitas sumber daya manusia yang baik. Dengan kualitas SDM yang baik diharapkan mereka mampu membangun daerah menjadi lebih baik lagi. Menyadari hal tersebut maka Nikson Nababan  mengarahkan pembangunan tidak hanya pada infrastruktur saja tetapi juga pada kualitas SDM yang ada.

Sebanyak 46% APDB Dialokasikan Untuk Pendidikan

Untuk mewujudkan hal tersebut beliau mengalokasikan 46% dari dana APBD untuk pendidikan di Tapanuli Utara.  Dengan pendidikan yang berkualitas tentu akan menghasilkan SDM yang berkualitas pula. Dengan begitu diharapkan para pelajar nantinya bisa menjadi generasi yang memiliki daya juang tinggi dan bisa berkontribusi melanjutkan pembangunan khususnya di Tapanuli Utara.

Jika pendidikannya tidak berkualitas maka bukan tidak mungkin para generasi yang dihasilkan nantinya kurang berkualitas pula. Dengan alokasi dana sebesar 46% tersebut diharapkan adanya perbaikan dalam sektor pendidikan. Selain itu Nikson Nababan juga berharap pendidikan formal tersebut juga diimbangi oleh pendidikan akhlak yang baik bagi para pelajar.

Dengan akhlak yang baik tentu saja dalam menjalankan kehidupannya terutama saat mereka bisa berkontribusi dalam pembangunan daerah, mereka menjalankannya dengan penuh tanggung jawab. Hal tersebut akan berbeda jika mereka hanya pintar saja tanpa memiliki akhlak maka dalam menjalankan tugasnya mereka cenderung bisa melakukan hal-hal yang kurang baik seperti korupsi dan sebagainya. Maka dari itu pendidikan akhlak juga sama pentingnya.

Salah satu wujud perbaikan pendidikan yang dilakukan oleh beliau yaitu pendidikan gratis mulai dari tingkat SD sampai SMA. Pendidikan gratis tersebut tidak hanya untuk sekolah negeri melainkan untuk sekolah swasta juga. Sehingga setiap warganya berhak mendapatkan pendidikan yang sama tidak ada yang dibedakan.

Dengan pendidikan gratis tersebut diharapkan tidak ada lagi warganya yang tidak bersekolah dengan alasan tidak memiliki biaya. Kemudian Nikson Nababan juga membangun infrastruktur yang berguna sebagai sarana dan prasarana para siswa untuk bersekolah. Dengan sarana dan prasarana yang lengkap tentu saja akan memudahkan para siswa untuk belajar dengan nyaman dan tenang.

Related posts: