Perawatan Plakat Akrilik

By | October 15, 2017

plakat akrilikMendapatkan plakat penghargaan atau sebagai pengisi dalam suatu acara merupakan suatu kehormatan besar dan kebahagiaan tersendiri bagi setiap individunya. Anda sebagai penerima akan menyimpan dan menjadikannya pajangan ruangan yang indah dan tentunya di tempat yang cukup menarik perhatian. Terlebih apabila plakat yang diterima ialah plakat akrilik, yang notabene plakat dari bahan ini lebih indah dan elegan.

Bagaimana Cara Merawat Plakat Akrilik Agar Tetap Indah?

Plakat akrilik merupakan salah satu plakat yang kuat dan tahan lama. Namun, apabila tidak dalam perawatan plakat ini bisa kehilangan keindahannya dan rusak. Plakat dari bahan akrilik ini memiliki beberapa cara perawatan yang tidaklah sulit untuk dilakukan. Berikut ialah caranya,

  1. Menyimpan Plakat Pada Lemari Display Atau Etalase

Penyimpanan plakat pada lemari display atau etalase ini bertujuan untuk menghindarkan plakat dari debu, agar plakat tidak mudah kusam dan menjadi sarang laba-laba. Selain itu untuk menghindarkan jangkauan dari anak-anak. Seperti kita tahu, bahwa anak-anak suka bermain dengan barang-barang yang menurut merak unik atau aneh. Nah bahayanya ketika mereka bisa mengambil plakat ini rawan bagi plakat apabila nanti dijatuhkan atau dibanting yang mengakibatkan plakat patah, rusak dan lainnya.

  1. Membersihkan Secara Berkala

Plakat yang disimpan baik dalam lemari maupun dipajang di tempat yang terbuka lama kelamaan menjadi kusam karena debu. Oleh karena itu perlu dilakukan pembersihan plakat secara berkala agar plakat tetap terlihat indah dan menarik. Pembersihan plakat jenis akrilik dilakukan cukup dengan mengelapnya dengan kain lembut tanpa pemberian larutan atau bahan kimia lain. Karena pemberian bahan kimia dikhawatirkan dapat merusak keindahan plakat.

  1. Meletakkan Plakat Pada Tempat Yang Nyaman

Meletakkan plakat pada tempat yang nyaman disini dimaksudkan bahwa dalam peletakan plakat sebaiknya dialasi dengan kain atau sejenisnya yang bersifat lembut dan halus. Hal ini bertujuan agar alas dari plakat tidak rusak akibat goresan.

  1. Memberi Pencahayaan

Pemberian pencahayaan pada plakat dimaksudkan untuk memperindah dan juga menghindarkan plakat terkena jamur (karena tempat yang lembab misalnya) maupun serangga.

Cara satu sampai tiga merupakan cara minimal untuk menjaga plakat akrilik Anda tetap dalam kondisi baik dan menarik. Dan cara keempat adalah cara tambahan penyempurnaan keindahan plakat untuk dilihat. Selamat mencoba!

Related posts: