Selain mencari keuntungan yang besar, pengusaha juga wajib mematuhi peraturan pemerintah. Dalam hal ini, maka pengusaha perlu untuk mengetahui tentang pentingnya pembuatan izin usaha, tata cara pembuatannya dan juga pengertian dari beberapa izin yang ada berkaitan dengan pendirian usaha baru. Tujuannya adalah agar usaha mereka terdaftar oleh Pemerintah Daerah, dan usaha mereka pun bisa berjalan dengan lancar.

Ada beberapa jenis izin yang perlu Anda ketahui dan nantinya perlu untuk Anda urus. Antara lain adalah izin prinsip, yaitu izin kepada pemerintah daerah, kabupaten,/ kota, atau provinsi. Kemudian ada izin gangguan. Izin gangguan adalah suatu surat keterangan yang menyatakan bahwa tidak ada satu pun pihak yang keberatan atau merasa terganggu dengan lokasi perusahaan yang dijalankan oleh seseorang. Selanjutnya ada surat izin usaha perdagangan, yang disingkat SIUP. Surat izin ini diberikan oleh pejabat atau menteri yang bersangkutan kepada pengusaha sehingga mereka bisa melakukan kegiatan usaha mereka, baik itu berbentuk firma, PT, CV, BUMN, Koperasi, dan lain sebagainya.

Jenis Perizinan yang Paling Krusial

Dari semua jenis perizinan yang disebutkan di atas, hal yang paling krusial adalah surat izin tempat usaha atau yang disingkat SITU. Kenapa hal ini dianggap paling penting? Hal tersebut tak lepas dari peran penting sebuah lokasi dalam menentukan kesuksesan suatu usaha yang didirikan. Setiap pengusaha pasti menginginkan lokasi yang strategis agar mereka bisa mendapat keuntungan yang maksimal. Maka dari itu mereka menganggap bahwa izin usaha yang berkaitan dengan lokasi ini sangatlah penting.

Pengusaha yang sudah mengantongi surat izin tempat usaha tidak perlu merasa khawatir dengan protes-protes yang dilontarkan oleh warga sekitar. Mereka juga tak perlu merasa khawatir dianggap mengambil tanah orang lain untuk mendirikan usaha. Selama Anda melakukan usaha yang wajar dan tetap memperhatikan keberadaan lingkungan, maka Anda tak akan mendapatkan masalah dengan masyarakat sekitar.

Dan yang terpenting adalah, Anda tak akan merasa khawatir dengan penggusuran. Anda mungkin sudah banyak melihat kasus penggusuran yang terjadi di area perdagangan, hal itu disebabkan karena penjual itu mendirikan tempat usaha tanpa mengurus izin usaha sebelumnya, sehingga usaha mereka itu dianggap ilegal oleh pemerintah.

Related posts: