Pengaruh Fluktuasi Harga Telur Ayam

By | October 5, 2017

harga telur ayam Telur ayam memang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari oleh sebab itu terkadang harga telur ayam mengalami perbedaan. Pastinya Anda sering sekali menjumpai harga telur yang berbeda-beda meskipun Anda membelinya di satu tempat saja. Terkadang Anda membeli telur ayam kemarin harganya Rp. 17.000 rupiah namun pada hari ini membeli lagi harganya naik menjadi Rp. 18.000 ribu rupiah per kilo. Harga pangan memang sering sekali mengalami fluktuasi karena dipengaruhi oleh beberapa faktor. Sama seperti telur ayam karena harganya bisa berubah-ubah setiap waktunya. Bagi penjual telur ayam juga pastinya akan mengalami dampaknya. Berikut ini adalah penjelasan mengenai faktor yang mempengaruhi fluktuasi harga telur.

Faktor Pengaruh Fluktuasi Harga Telur Ayam

Bagi penjual telur sangat penting untuk selalu mengetahui update harga telur ayam terbaru. Supaya penjual bisa menjual telur ayam tanpa mengalami kerugian. Nah, berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan fluktuasi harga telur setiap minggunya. Yang pertama adalah faktor dari harga anak ayam per ekornya. Saat peternak ayam membeli bibit ayam petelur maka akan mempengaruhi harga telur yang akan dihasilkan nantinya. Sebab bibit atau anak ayam yang berkualitas akan menghasilkan telur ayam yang berkualitas juga dan hal inilah yang dapat mempengaruhi harga telur mengalami fluktuasi. Yang kedua adalah harga pakan ayam. Terkadang harga pakan ayam juga mengalami kenaikan sehingga akan mempengaruhi harga telurnya.

Peternak ayam petelur akan dirugikan saat harga pakan ayam mahal sehingga membutuhkan banyak biaya untuk membelinya. Sehingga untuk menutupi kerugiannya mereka akan menaikkan harga telurnya. Yang ketiga adalah iklim dan cuaca yang sedang berlangsung. Terkadang faktor cuaca akan mempengaruhi harga telur. Terkadang saat cuaca buruk akan mempengaruhi kesehatan ayam sehingga tidak dapat menghasilkan telur sehingga produksi telur akan menurun. Yang keempat adalah dari rantai tatanan niaga misalnya biaya yang dikeluarkan untuk menyalurkan telur ayam ke suatu daerah. Sebab telur ayam akan diangkut menggunakan kendaraan tertentu dan membutuhkan bensin. Sehingga hal ini yang kadang terjadi perbedaan harga telur ayam di satu kota dengan kota lainnya.

Related posts: