Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak kekayaan berupa budayanya. Dengan budaya yang beragam ini kita bisa menemukan beberapa hal yang menarik salah satunya yaitu rumah adat. Setiap daerah memiliki rumah adatnya masing-masing termasuk Tapanuli Utara. Melihat hal tersebut Nikson Nababan memanfaatkan rumah adat tersebut sebagai salah satu obyek wisata.

Diharapkan Mampu Memajukan Sektor Pariwisata

Salah satu tujuan dari kepemimpinan selama menjadi bupati yaitu untuk memajukan sektor pariwisata salah satunya yaitu dengan membuat beberapa gazebo. Uniknya lagi gazebo tersebut dibuat menyerupai bentuk rumah adat dari Tapanuli Utara. Kemudian dana pembangunannya merupakan gabungan dari BPJS Ketenagakerjaan dan APBD. Dengan pembangunan tersebut diharapkan rumah adat Tapanuli Utara ini semakin terkenal di kalangan masyarakat luas. Kemudian dengan adanya pembangunan ini beliau berharap mampu membantu perekonomian masyarakat sekitar.

Berharap Masyarakat Dapat Ikut Menjaga

Kemudian Nikson Nababan juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar mau menjaga apa yang sudah dibangun sampai saat ini. Akan sangat percuma jika pemerintah susah payah membangun dan memperbaiki obyek wisata namun tidak ada inisiatif dari masyarakat sekitar untuk terus merawatnya. Jadi alangkah lebih baiknya jika pemerintah dan masyarakat bekerja sama dalam merawat obyek wisata tersebut.

Adanya harapan bahwa masyarakat bisa ikut menjaga apa yang sudah dibangun ini maka beliau berharap jika selain pembangunan dalam bentuk fisik diharapkan juga ada pembangunan dalam bentuk SDM. Seperti yang kalian ketahui bersama jika SDM berkualitas maka mereka lebih pintar dan tanggap dalam menjaga obyek wisata yang ada bahkan kalau bisa memberikan ide bagaimana obyek wisata tersebut dapat terus berkembang.

Jika obyek wisata berupa gazebo rumah adat ini dan obyek wisata yang lain dirawat dengan baik tentu saja akan kembali lagi kepada masyarakat yang nantinya ikut merasakan manfaatnya. Jadi dengan adanya gazebo tersebut Nikson Nababan berharap mampu menarik lebih banyak lagi turis baik domestik maupun mancanegara untuk datang ke Tapanuli Utara. Sehingga apa yang menjadi tujuan dari beliau untuk memajukan Tapanuli Utara dari segi pariwisata dapat terealisasi dengan baik tentunya.

Related posts: