image_20180102_201634

Kambing menjadi salah satu hewan yang keberadaannya banyak dicari di Indonesia, terutama mendekati hari Idul ‘Adha. Di hari-hari biasa, daging dari hewan yang satu ini dibuat berbagi olahan makanan yang membuat banyak orang ingin terus mengonsumsinya. Sedangkan ketik hari Idul ‘Adha datang, hewan yang satu ini akan semakin dicari. Tentu para peternak harus menjaga agar hewan ternaknya selalu dalam keadaan yang sehat. Sekarang ini, ternak kambing tidak hanya dapat diberi makan rumput saja. Akan tetapi ada juga pakan ternak kambing tanpa ngarit yang dapat Anda temui. Pakan ternak kambing tersebut berasal dari bahan organik yang kemudian di fermentasi menjadi pakan ternak.

Pakan Ternak Kambing Tanpa Ngarit Dan Cara Pembuatannya

Untuk membuat pakan ternak kambing tanpa ngarit berupa pakan fermentasi, maka Anda membutuhkan berbagai macam bahan organik yang akan dijadikan sebagai pakan kambing. Setelah itu, Anda dapat melakukan proses fermentasi dengan menggunakan fermantor. Fermantor tersebut dapat Anda peroleh dari PT HCS. Salah satu produk HCS yang dapat ditemui adalah SOC. Produk yang satu ini berperan sebagai fermantor dalam pembuatan pakan ternak fermentasi. SOC tidak hanya memiliki peran tersebut, akan tetapi juga memiliki peran untuk mempercepat pertumbuhan dari hewan ternak, meningkatkan produksi daging kambing, meningkatkan kekebalan terhadap penyakit, meningkatkan produksi susu, meningkatkan kesuburan, dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan SOC, maka Anda diharuskan membayar Rp 95.000 per botolnya untuk pembelian 1 sampai 4 botol SOC.

Cara pembuatan pakan fermentasi sangat sederhana. Anda hanya cukup mencampurkan fermantor yang telah dilarutkan ke dalam air dan kemudian menyiramkannya ke bahan organik yang akan dijadikan sebagai pakan (jerami padi, kulit singkong, sisa sayur, sisa buah, dan lainnya). Jika sudah merata maka Anda dapat memasukkannya ke dalam wadah plastik yang tertutup rapat. Selama 1 sampai dengan 4 jam, maka proses fermentasi tersebut dapat dikatakan selesai sehingga Anda dapat memberikan pakan tersebut kepada hewan kambing Anda. Demikian beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat pakan fermentasi sebagai cara ternak kambing tanpa ngarit.

Related posts: