Sumatran-Orangutan-Society-Batang-Toru-022_a

Sumatran-Orangutan-Society-Batang-Toru-022_a

Orangutan merupakan satu-satunya kera besar yang tinggal di kawasan Asia tepatnya di Indonesia. Orangutan hanya dapat ditemukan di Indonesia yaitu pada pulau Sumatera dan Kalimantan. Terdapat jenis kera besar lainnya yang hidup di benua Afrika seperti gorilla, simpanse dan babon. Banyak orang mengetahui hewan khas di negara tertentu seperti kanguru dari Australia, Panda dari China, tetapi tidak banyak yang mengetahui bahwa Orangutan berasal dari Indonesia. Orangutan terbagi menjadi 2 spesies yaitu yang Orangutan Sumatera dengan nama latin Pongo abelii dan Orangutan Kalimantan dengan nama latin Pongo Pygmaeus.

Habitat asli Orangutan mulai menghilang, Orangutan terancam punah

Dengan beralihnya fungsi hutan yang akan menjadi perkebunan besar, pertambangan dan ladang menjadikan ancaman yang besar terhadap orangutan itu sendiri. Hutan menjadi kian rusak. Sulitnya orangutan mencari makan membuat orangutan memasuki ladang, perkebunan dan pemukiman warga untuk mencari makanan. Orangutan dianggap sebagai hama bagi penduduk sekitar hutan karena orangutan sering merusak ladang dan perkebunan, padahal manusialah yang merusak tempat tinggal orangutan terlebih dahulu. Akibat rusaknya hutan bencana alam seperti erosi dan banjir bandang pun menjadi ancaman tersendiri bagi penduduk sekitar hutan.

Orangutan Sumatera (Pongo abelii) merupakan spesies yang tingkat kepunahannya paling tinggi jika dibandingkan spesies lain yang berada di Kalimantan. Orangutan Sumatera memiliki 13 kelompok populasi yang terdapat di Pulau Sumatera. Hanya 3 kelompok populasi yang diyakini ada di kisaran 500 ekor dan sisa kantong populasi orangutan di Sumatera hanya memiliki kurang lebih sekitar 250 ekor. Populasi orangutan terus menurun karena perburuan dan kerusakan hutan akibat pembukaan lahan dan pembalakan liar.

Dibandingkan dengan Orangutan Kalimantan, Orangutan Sumatera mempunyai perbedaan dalam hal fisik maupun perilaku. Perbedaannya ada pada kantung pipi yang dimiliki orangutan jantan itu lebih panjang. Kemudian ukuran tubuh orangutan Sumatera yang telah dewasa memiliki panjag sekitar 1,25 meter sampai  sampai pada ukuran 1,5 meter. Berat badan pada orangutan dewasa sibetina memiliki berat sekitar 30-50 kilogram, sedangkan berat badan untuk jantan adalah sekitar 50kg sampai 90kg. Bulu yang dimiliki orangutan Sumatera berwarna berwarna coklat kemerahan, dan membuat hewan khas Indonesia ini menjadi lebih unik dan menarik.

Related posts: