Pemilu atau pemilihan umum adalah sebuah proses memilih seseorang untuk mengisi jabatan politik tertentu. Salah satu jabatan politik melalui pemilu adalah bupati atau kepala daerah kabupaten. Pemilihan bupati identik dengan nama pilkada yang dilaksanakan serentak. Pada tahun 2018, bupati Tapanuli Utara yang terpilih adalah Nikson Nababan.

Nikson dengan pasangannya Sarlandy menang dengan perolehan suara sebanyak 69.408 atau 46,12% dari total suara 150.491. Pasangan ini mampu mengalahkan kedua lawannya. Pasangan calon Taripar dan Frengky berada diperingkat dua dengan perolehan suara sebanyak 61.317. Pasangan Christmanto dan Hotman justru hanya memperoleh suara sebanyak 20.022. Melihat data tersebut, pasangan Nikson dan Sarlandy menang telak dibandingkan pasangan lain.

Setelah dianalisa lebih lanjut, pasangan Nikson dan Sarlandy unggul di 10 kecamatan yakni kecamatan Simangumban, Pahae Jae, Pahe Julu, Garoga, Pangaribuan, Muara, Siborongborong, Pagaran, Parmonangan, dan Adiankoting. Namun, pasangan ini kalah di lima kecamatan yaitu kecamatan Parbatuan, Sipahatuar, Sipoholon, Siatasbarita dan kecamatan Tarutung.

Nikson Nababan Memimpin Selama Dua Periode

Dengan terpilihnya Nikson Nababan pada pilkada 2018, berarti Nikson akan memimpin selama dua periode. Kemenangan Nikson ini juga tidak semata-mata karena dukungan partai yang kuat, melainkan hasil kerjanya pada periode sebelumnya yang sangat bagus.

Kemenangan Nikson kali ini juga tidak semata-mata karena ingin kedudukan dan jabatan, melainkan niat dalam dirinya untuk terus melanjutkan perjuangan memajukan masyarakat Tapanuli Utara. Visi utamanya kali ini adalah mengoptimalkan pada pemanfaatan sumber daya alam dan sumber daya manusia khususnya untuk masyarakat pedesaan.

Program Inovasi Desa (PID) digadang-gadang mampu membuat desa lebih maju berkat inovasi dan kreativitas. Kepala desa di Kabupaten Tapanuli Utara juga dituntut untuk bisa mengembangkan desanya lebih luas dan lebih inovatif lagi. Pada periode kepemimpinan beliau sebelumnya, memang sudah banyak perubahan yang terjadi di berbagai bidang, salah satunya pertanian. Kini lahan-lahan pertanian di desa lebih terorganisir dan para petani menambah tambahan dana dari APBD untuk mengelola lahannya. Itu semua tidak lepas dari jerih payah Nikson Nababan.

Related posts: