Dunia pendidikan selalu menjadi prioritas yang selalu dicanangkan pemerintah guna meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas yang nantinya dapat meneruskan pembangunan setidaknya di tanah kelahirannya sendiri. Sedikit banyaknya itulah visi yang disampaikan seorang tokoh Bupati Tapanuli Utara, Bapak Nikson Nababan dalam beberapa pertemuan di temu pendidikan di sekolah-sekolah dalam wilayah Kecamatan daerah Kabupaten Tapanuli Utara.

Revolusi Mental Anak Didik Menuju Kemajuan Dunia Pendidikan

Seperti yang telah dilansir beberapa media sebelumnya bahwa beliau telah membuat perencanaan melalui APBD Kabupaten Tapanuli Utara khusus dipersembahkan untuk meningkatkan dunia pendidikan di wilayah otonom daerahnya. Dan tidak tanggung-tanggung, dana yang dialokasikan mencapai 40% hingga 46% dari total dana APBD. Hal ini ditujukan untuk menciptakan sumber daya manusia melalui sekolah-sekolah yang akan menurunkan pribadi yang cerdas, berkualitas, dan intelek.

Dan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah daerah Kabupaten Tapanuli Utara adalah melalui revolusi mental anak didik yang harus dibentuk dari sejak dini melalui ilmu pendidikan yang diserapnya di sekolah. Revolusi ini tidak akan berjalan baik apabila tidak adanya kerja sama yang berkesinambungan antara perangkat sekolah yaitu guru dan pejabat sekolah dengan pemerintah daerah. Karena sekolah adalah kunci keberhasilan menciptakan anak didik yang berkualitas dan berilmu maka dalam hal ini Bupati Nikson Nababan mencanangkan banyak program dalam dunia pendidikan Tapanuli Utara.

Untuk para siswa, gratis biaya pendidikan bagi anak-anak dari tingkat PAUD sampai SMU/SMK, pengadaan bus sekolah untuk menjangkau para anak didik yang rumahnya terpelosok, pembangunan sekolah-sekolah baru, perbaikan, pengadaaan, dan kelengkapan sarana dan prasarana sekolah seperti gedung yang rusak, alat peraga sekolah, dan alat praktek sekolah.

Tidak hanya sampai itu saja, kiprah seorang guru tidak didiamkan begitu saja oleh Bapak Bupati yang sangat teliti ini. Disadari sekali bahwa guru adalah tokoh pendidik yang kesejahteraannya pun harus diperjuangkan. Dan menyikapi hal tersebut, Nikson Nababan telah mempersiapkan pemberian insentif bagi para guru dan insentif khusus kepada guru yang mengabdi di daerah-daerah terpencil dan yang sangat terpencil. Dan khusus untuk guru berprestasi diberikan pula beasiswa pendidikan kuliah ke jenjang S1.

Related posts: