Nikson Nababan selaku Bupati Taput memberikan arahan terkait Inovasi dan kreasi bagi kepala desa sehingga mampu menyejahterakan masyarakat. Bagi Nikson Seorang Kepala Desa wajib memberikan kontribusi Inovasi dan kreasi sehingga mampu bekerja dengan baik dan mendapatkan penghargaan. Hal tersebut disampaikan secara langsung oleh Bupati Taput saat menghadiri acara program inovasi desa di Gedung Serbaguna Tarutung. Nikson selalu berharap bahwa setiap masyarakat mampu mendapatkan kesejahteraan sehingga masyarakat desa harus benar-benar diperhatikan dengan baik.

Nikson Mengimbau Kepala Desa Lebih Kreatif dan Inovatif

Menurut Nikson program tersebut merupakan momen yang sangat berharga karena dengan demikian para kepala desa bisa belajar lebih kreatif dan inovatif untuk mampu menggunakan dana desa yang sudah disalurkan dengan baik. Dengan demikian maka pemerintah Kabupaten memberikan keleluasaan Kepada Desa untuk mampu berkreasi sesuai dengan potensi dari masing-masing desa. Seperti halnya yang sudah dibuat oleh pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara tahun lalu yang mana desa yang belum memiliki akses listrik maka akan diberikan turbin sehingga masyarakat desa mampu menikmati adanya listrik. Untuk itu momen ini sangatlah penting karena bisa sebagai ajang sharing.

Nikson Nababan mengatakan bahwa akan ada reward untuk kinerja dari aparat desa yang kreatif dan inovatif dari pemerintah Kabupaten Taput. Dengan demikian maka Desa tidak hanya memiliki sumber dana dari Alokasi Dana Desa saja. Reward yang diberikan oleh pemerintah Kabupaten bisa dimanfaatkan untuk mengoptimalkan potensi desa sehingga bisa lebih sejahtera. Dilakukannya program inovasi Desa ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk memberikan inisiatif baik kepada masyarakat desa. Karena pada dasarnya program inovasi Desa ini dilakukan secara menyeluruh di Indonesia.

Diharapkan Desa mampu memanfaatkan kualitas masing-masing sehingga bisa bekerja lebih efektif dan efisien. Desa yang inovatif dan kreatif tentu masyarakatnya akan lebih maju sehingga bisa memberikan penghidupan yang baik. Ada banyak pihak yang menghadiri program inovasi desa tersebut mulai dari tokoh masyarakat hingga Pemerintah Kabupaten dan pihak perguruan tinggi. Bupati Nikson benar-benar menegaskan terkait adanya Inovasi dan kreasi di desa.

Nikson Nababan juga menegaskan bahwa kreativitas dan inovatif ini tidak hanya dimiliki oleh Kepala Desa saja, tetapi oleh seluruh lapisan masyarakat. Dengan demikian maka setiap pihak mampu memberikan kontribusi dengan baik. Perlu diketahui bahwa dilakukannya program inovasi Desa secara nasional ini bertujuan untuk membangkitkan optimisme desa untuk mencapai kesejahteraan. Karena pada dasarnya masyarakat yang sejahtera harus diawali dari lapisan pemerintahan terbawah, yakni desa.

Related posts: