image_20180320_045410

image_20180320_045410

Mencuci kedua tangan kita merupakan hal yang wajib untuk dilakukan agar kesehatan tubuh kita selalu terjaga. Kadang-kadang, kita menganggap 7 langkah cuci tangan sebagai hal sepele. Banyak orang yang mencuci tangan hanya dengan menggunakan air. Air mengalir tanpa memakai sabun cuci. Hal tersebut akan menyebabkan banyak kuman masih menempel di tangan kita.

Mengapa Kita Harus Selalu Mencuci Tangan Kita?

Tangan kita merupakan salah satu bagian tubuh yang kita sering gunakan untuk berbagai macam kegiatan, seperti mengonsumsi makanan, menulis, mencuci piring, bersalaman dan masih banyak kegiatan lain yang menggunakan kedua tangan kita. Banyaknya kegiatan yang menggunakan tangan sudah dapat dipastikan kalau banyak sekali bakteri dan kuman menempel di kedua tangan kita. Walaupun tangan kita terlihat cukup bersih, banyak sekali bakteri menempel atau hinggap di tangan kita. Banyak dampak buruk ketika kita malas memastikan 7 langkah cuci tangan tepat. Pastinya akan banyak penyakit bersarang pada tubuh kita, dan tentunya sangat membahayakan kesehatan kita. Sebagai contoh ketika menutupi mulut dengan tangan saat batuk, lalu kita mengonsumsi makanan tanpa cuci tangan dahulu, maka banyak virus dan bakteri pada tangan kita akan kembali masuk ke tubuh kita bersamaan dengan beberapa makanan yang tadi sudah dikonsumsi.

Penyakit yang bisa disebabkan jika kita malas mencuci tangan antara lain adalah penyakit ISPA yang merupakan kepanjangan dari infeksi saluran pernafasan akut, cacingan, penyakit diare, sampai pada penyakit berbahaya seperti flu burung, flu babi, dan SARS. Selain dari penyakit tadi, kuman pada tubuh kita juga bisa menyebabkan amandel, gangguan pernafasan seperti asma, flu, sakit perut, dan radang tenggorokan. Ada waktu yang harus diingat untuk mencuci tangan. Saat sebelum dan setelah makan, kita harus mencuci tangan.

Hal seperti itu sangat penting untuk mencegah kontaminasi makanan yang nanti akan kita konsumsi. Hal tersebut juga akan mencegah banyak kuman yang akan masuk ke tubuh kita. Tidak hanya saat sebelum makan, saat setelah makan juga kita diharuskan untuk selalu melakukan 7 langkah cuci tangan, supaya kumpulan bakteri pada garpu dan sendokmu mati akibat sabun dan air ketika kita mencuci tangan.

Related posts: