image_20180517_144610_43

Selain pekalongan, Solo juga terkenal dengan sebutan kota batik. Salah satu daerah yang mana dipenuhi dengan batik adalah di kampung kauman dan juga kampung laweyan, dimana kedua kampung tersebut merupakan pusat dari kerajinan batik yang ada di Surakarta. Disini ada banyak sekali berbagai macam motif batik solo, bisa sampai ribuan motif dari motif yang tradisional sampai dengan motif modern yang menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Beberapa Macam Motif Batik Solo Yang Terkenal Serta Menawan

Batik yang berasal dari Solo yang memiliki motif yang sangat banyak ini ternyata bisa diklasifikasikan menjadi beberapa kelompok, ada motif yang penuh dengan makna, ada kelompok batik tradisional, kelompok batik modern sampai ada kelompok batik yang paling popular. Adapun disini untuk macam-macam motif dari batik Solo terpopuler diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Batik dengan motif sawat

Batik dengan motif sawat ini merupakan salah satu motif batik yang berasal dari sayap atau sawat. Akan tetapi ada juga yang berpendapat bahwa kata sawat berasal dari kata syahwat yang berarti nafsu. Dulu motif ini hanya dipakai oleh raja atau sultan dari suatu kerajaan saja, akan tetapi sekarang ini sudah banyak dipakai oleh para penganten pada saat prosesi pernikahan, dengan harapan bahwa  pemakai batik tersebut selalu di berikan perlindungan.

  • Batik dengan menggunakan motif kawung

Batik dengan motif kawung ini memiliki motif yang bisa dikatakan cukup sederhana, yang mana terlihat seperti dibentuk dari beberapa bulatan yang menyerupai buah kawung atau buah kolang kaling. Motif ini berdasarkan orang Jawa dipercayai memiliki arti kesucian atau umur panjang, motif ini juga biasanya dipakai oleh seorang raja atau pemimpin, bahwa diharapkan seorang pemimpin akan selalu memiliki sifat dan kepribadian yang mampu menjaga hati dan juga mampu mengendalikan hawa nafsu.

Diatas itu ialah beberapa motif dari batik solo yang paling popular ataupun cukup terkenal baik di lokal maupun internasional. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua, selamat mencoba dan semoga berhasil !

Related posts: