Mengulas Lebih Dalam Rumus Excel VLOOKUP

By | October 14, 2016

ExcelJika Anda bermain menggunakan Excel tentunya Anda akan menjumpai rumus Excel VLOOKUP dan. Pada kesempatan ini akan dipaparkan mengenai cara untuk menggunakan rumus formula VLOOKUP yang akan menambah wawasan Anda dalam bermain Excel. Pada dasarnya rumus VLOOKUP adalah rumus yang digunakan dalam menemukan berbagai hal yang terdapat pada tabel Anda baik berupa nilai atau apa pun dan Anda dapat mencari rentang menurut baris. Fungsi rumus ini pun biasanya disebut dengan fungsi pencarian atau referensi sehingga Anda dapat menemukan dengan mudah yang ingin Anda cari.

Bagaimana Rumus Excel Dari VLOOKUP?

Anda tentunya dalam membuat data dengan bentuk tabel, Anda pasti akan mencari nilai dari data yang Anda buat baik secara kolom maupun baris. Jika Anda ingin menemukannya dalam bentuk baris maka Anda dapat menemukannya dengan menggunakan bantuan VLOOKUP. Rumus Excel VLOOKUP adalah  =VLOOKUP(nilai atau data yang ingin Anda cari, rentang nilai, nomor kolom dalam rentang yang berisi data kembal, hasil yang sama akan terindikasi dalam bentuk 0/FALSE atau 1/TRUE. Anda dapat mengetikannya pada kotak function yang biasanya terdapat pada bagian atas sel Excel atau berada persis di bawah menu-menu Microsoft Excel di dalamnya.

Kolom-kolom yang terdapat dalam pengisian nilai VLOOKUP adalah lookup_value, table_array, col_index_num, range_top, dan range_lookup. Pada bagian lokkup_value Anda dapat mengisikannya dengan nilai yang Anda cari. Nilai tersebut merupakan nilai yang berada pada kolom pertama pada table_array. Selanjutnya table_array digunakan untuk mencari rentang sel pada VLOOKUP dan juga dapat digunakan dalam menentukan nilai kembali. Kemudian terdapat kolom col_index_num yaitu digunakan kolom angka, dimana kolom-kolom tersebut memuat nilai dari data yang Anda inginkan. Dan yang terakhir ada range_lookup, range_lookup merupakan nilai logika dari data yang Anda buat dimana data tersebut menyatakan apakah nilai tersebut mendekati sama persis atau yang mendekatinya. Demikian penjelasan singkat mengenai rumus Excel VLOOKUP yang dapat Anda gunakan dalam mengoperasikan Excel.

Related posts: