Sejatinya, setiap orang memiliki asam urat di dalam tubuhnya. Bedanya adalah bahwa kadar asam urat pada setiap orang berbeda satu sama lain. Jika kadar asam urat dalam darah menumpuk, maka hal inilah yang mengakibatkan terjadinya rasa nyeri berlebihan pada wilayah persendian. Selain itu, asam urat juga biasanya disebabkan karena faktor genetik, stres, ataupun obesitas. Jika asam urat tidak ditangani dengan baik, maka akan menyebabkan beberapa penyakit kronis yang cukup mengkhawatirkan seperti diabetes dan ginjal. Oleh sebab itu, penyakit asam urat ini harus ditangani dengan baik. Namun, jangan sampai cara mengatasi asam urat hanya tergantung pada obat-obatan dokter saja.

Aneka Cara Mengatasi Asam Urat Secara Alami

Untuk mengatasi asam urat secara alami, silahkan lakukan beberapa hal berikut ini:

  • Minum air lemon

Menurut ahli pengobatan herbal, lemon mengandung asam sitrat yang memiliki kemampuan untuk mengusir atau menghilangkan asam urat dalam tubuh. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk mengonsumsi minuman perasan air lemon, minimal dua hingga tiga kali setiap harinya.

  • Konsumsi makanan kaya antioksidan

Buah dan sayur merupakan bahan makanan dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Oleh sebab itu, penderita asam urat sangat dianjurkan untuk rutin mengonsumsi buah dan sayur. Beberapa peneliti mengungkapkan bahwa kandungan antioksidan dalam buah dan sayur mampu menyeimbangkan jumlah kadar asam urat di dalam tubuh.

  • Konsumsi makanan kaya serat

Penelitian menunjukkan bahwa makanan dengan kandungan serat yang tinggi ternyata sangat baik dikonsumsi oleh penderita asam urat. Disebutkan bahwa makanan dengan kandungan serat yang tinggi dapat menyerap sejumlah kelebihan asam urat serta mengusirnya dari tubuh. Pisang merupakan salah satu bahan makanan dengan kandungan serat yang sangat tinggi.

  • Konsumsi air mineral

Minuman dengan kandungan mineral yang tinggi juga menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi kelebihan asam urat dalam tubuh. Dengan rutin mengonsumsi air kaya mineral minimal 8 gelas setiap harinya, maka berbagai zat yang tidak dipakai oleh tubuh akan dikeluarkan sehingga tidak mengganggu kesehatan.

Selain menerapkan hal-hal di atas, penderita asam urat juga sangat disarankan untuk menghindari makanan olahan yang diberi gula tambahan. Hal ini karena adanya gula tambahan dalam makanan merupakan salah satu penyebab meningkatnya kadar asam urat dalam tubuh. Selain itu, penderita juga harus menghindari berbagai jenis minuman beralkohol yang mampu meningkatkan kadar asam urat. Demikian itulah beberapa cara mengobati asam urat secara alami.

Related posts: