image_20180120_072156

image_20180120_072156

Katarak merupakan salah satu penyakit yang sanat umum terjadi pada manula. Indonesia sendiri merupakan negara dengan tingkat penderita katarak paling tinggi di Asia Tenggara. Kondisi ini tentu saja menjadi hal yang perlu mendapatkan perhatian khusus dari berbagai pihak.  Dengan penderita yang sangat banyak, maka operasi katarak pun semakin gencar untuk dilakukan. Bahkan, pemerintah Indonesia pun sudah mengadakan operasi gratis bagi masyarakat Indonesia yang menderita katarak.

Apa Itu Penyakit Mata Katarak?

Katarak merupakan suatu penyakit yang menyebabkan lensa mata menjadi keruh. Lensa mata yang pada normalnya berwarna bening akan berubah menjadi keruh dengan adanya katarak sehingga akan mengganggu penglihatan. Lensa mata sendiri merupakan salah satu bagian dari mata yang berwarna transparan dan terletak di belakang pupil. Lensa mata berfungsi untuk memfokuskan cahaya yang akan masuk ke bagian retina. Dengan adanya katarak di bagian lensa mata, maka kejernihan lensa mata menjadi berkurang dan pada akhirnya akan menyebabkan cahaya yang masuk ke retina menjadi terhalang. Pertambahan usia pada umumnya akan membuat lensa mata menjadi keruh dan berkabut secara perlahan-lahan. Jika telah mengidap penyakit ini, maka operasi katarak menjadi jalan untuk sembuh yaitu dengan cara mengganti lensa yang rusak dengan lensa yang baru.

Faktor-Faktor Risiko Katarak Pada Manula

Selain faktor usia, ada beberapa faktor lain yang dapat mempertinggi risiko terkena katarak, antara lain:

  • Terpapar radiasi UV dalam jangka waktu yang lama
  • Mengalami beberapa jenis penyakit tertentu seperti diabetes dan peradangan di bagian tengah mata
  • Pernah mengalami operasi di bagian mata
  • Pernah mengalami cedera di bagian mata
  • Memiliki riwayat penyakit mata katarak dari anggota keluarga
  • Pola makan yang kurang baik
  • Kekurangan konsumsi vitamin
  • Mengonsumsi minuman keras dan rokok dalam jumlah berlebih

Setelah mengetahui beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya mata katarak, maka kini saatnya bagi Anda untuk lebih memperhatikan kesehatan mata Anda. Dengan menjaga dan menyayangi mata Anda, maka Anda akan terhindar dari gangguan penglihatan yang disebabkan karena penyakit katarak. Jika Anda telah mengidap penyakit mata katarak, maka segera konsultasikan dengan dokter agar secepatnya dilakukan operasi katarak.

Related posts: