Lintah merupakan hewan melata yang mempunyai dua alat perkembangbiakan, atau yang sering disebut dengan istilah hermafrodit. Indonesia yang merupakan Negara tropis dan memiliki banyak daerah dengan suhu lembab merupakan habitat yang sangat cocok untuk lintah. Khasiat minyak lintah telah terbukti sangat ampuh menyembuhkan berbagai masalah kesehatan sejak jaman India kuno. Karena memiliki kandungan zat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia, lintah banyak digunakan untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Ada banyak jenis lintah yang telah ditemukan, dan salah satu yang memberikan banyak manfaat adalah jenis lintah Hirudo Medicinalis.

Mengenal Lintah Hirudo Medicinalis

Lintah jenis hirudo medicinalis merupakan lintah yang paling sering digunakan untuk terapi pengobatan maupun bahan dasar minyak lintah. Lintah jenis ini banyak ditemukan di sekitar daratan Eropa dan Asia. Habitat lintah hirudo medicinalis adalah rawa-rawa air tawar yang terdapat banyak tanaman di permukaannya. Lintah ini bertahan hidup dengan menempelkan dirinya pada hewan-hewan yang hidup di sekitar rawa dan menghisap darah hewan tersebut. Lintah jenis ini paling banyak digunakan untuk pengobatan karena kandungan zat di dalamnya yang sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia.

Kandungan Zat dalam Lintah Hirudo Medicinalis

Bukan tanpa alasan mengapa lintah jenis hirudo medicinalis banyak digunakan untuk pengobatan karena khasiat minyak lintah yang terkandung di dalamnya. Kandungan zat yang sangat bermanfaat di dalamnya membuat lintah ini banyak dicari untuk dijadikan minyak lintah.

  1. Hirudin berguna untuk melancarkan peredaran darah karena akan menghancurkan pembekuan darah sehingga aliran darah dapat kembali lancar.
  2. Histamine berguna sebagai zat pengembang yang berfungsi mempercepat proses penyembuhan luka.
  3. Thrombin berguna membantu proses pembekuan darah pada luka sehingga tidak akan ada darah yang keluar secara berlebihan ketika mengalami luka.
  4. Anti kolagen berfungsi untuk menghaluskan kulit dan mencegah penuaan dini.
  5. Hyaluronidase merupakan salah satu jenis obat bius.

Khasiat minyak lintah sudah tidak diragukan lagi jika menilik dari kandungan zat yang terkandung di dalam lintah.

Related posts: