Konsultan ISO, banyak sekali pertanyaan mengenai istilah ini. Sebelumnya, ISO merupakan standar yang dicetuskan oleh sebuah organisasi berstandar internasional. Dalam pencetusannya terhadap suatu standar, mereka terlebih dahulu melakukan pengkajian yang matang demi mengeluarkan standar internasional yang bagus dan bertanggung jawab. Melalui pikiran kritis, maka pengajuan ISO pun terbilang ketat, sebab standar yang diberikan adalah standar internasional.

Apa itu Konsultan ISO?

Kembali ke permasalahan konsultan ISO. Menurut KKBI, kata konsultan memiliki arti ahli sebagai sebuah kata benda. Fungsi atau tugas dari konsultan adalah memberi pertimbangan, nasihat, maupun petunjuk mengenai kegiatan atau aktivitas sebagai penasihat. Jadi, pekerjaan seorang atau sebuah lembaga konsultan adalah memberikan petunjuk atau nasihat dalam menerapkan suatu sistem manajemen bagi  perusahaan klien.

Hal ini tentu saja membutuhkan keahlian yang tidak bisa didapat dalam waktu sekejap. Dibutuhkan orang yang berpengalaman dalam menangani klien sebagai penasihat. Oleh karena itu, orang yang memiliki pengalaman sangat dibutuhkan oleh perusahaan konsultan dan klien dibandingkan orang yang belum memiliki pengalaman dalam bidang ini.

Apa saja tugasnya?

Adapun tugas dan kerja apa saja yang harus dilakukan seorang konsultan adalah sebagai berikut:

  • Konsultan diharuskan membantu klien dalam mengembangkan sistem dokumentasi manajemen perusahaan dan memberikan masukan mengenai apa saja yang akan diperlukan dan tidak diperlukan dalam menyusun dokumentasi penerapan sistem manajemen. Misalnya ISO 9001 yang membutuhkan dokumentasi penerapan sistem manajemen mutu pada perusahaan sebagai persyaratan dokumentasi ISO 9001.
  • Memberikan pelatihan standar internasional pada saat konsultasi awal ke klien agar klien memahami persyaratan apa saja yang dibutuhkan dalam standar ISO. Juga pelatihan mengenai Audit Internal dan audit sistem agar auditor bisa mengaudit sistem manajemen.
  • Memantau dan membimbing di kegiatan yang diwajibkan sebagai syarat sistem manajemen. Misalnya dalam sistem manajemen mutu pada ISO 9001, maka konsultan hadir dalam rapat tinjauan manajemen perusahaan klien.
  • Melakukan audit pre-assement untuk memastikan tidak ada persyaratan yang belum dipenuhi oleh perusahaan atau klien.

Demikianlah  yang harus dilakukan seorang konsultan, jika Anda masih bingung Anda bisa mengeklik laman www.globalkonsultan.com untuk informasi yang lebih banyak mengenai konsultan ISO yang dapat menjamin kelulusan sertifikasi ISO Anda nantinya.

Related posts: