Tidur merupakan salah satu aktivitas yang semua orang lakukan setiap harinya untuk mengistirahatkan tubuh. Tubuh yang tidak mendapatkan waktu tidur cukup akan terasa lemas dan loyo ketika bangun di pagi hari. Meskipun tidur merupakan suatu kebutuhan, tidak sedikit orang yang mengalami kesulitan untuk mendapat tidur yang berkualitas. Sebagian dari mereka merasa segar ketika malam hari sehingga tetap terjaga hingga tengah malam. Alhasil, waktu tidur yang mereka miliki berkurang.

Cara Mendapatkan Tidur Cukup dan Berkualitas

Akhir-akhir ini, ada banyak sekali kasus insomnia yang dialami oleh anak muda dari berbagai negara. Sebagian dari mereka merasa bahwa tubuh tidak terasa lelah dan mengantuk sama sekali ketika waktu tidur tiba. Sebaliknya, ketika bangun di pagi hari tubuh akan terasa lemas karena memang kekurangan waktu beristirahat. Berikut beberapa cara untuk membuat tubuh mengantuk dan tertidur ketika waktu tidur tiba.

  1. Buat jadwal tidur

Setiap orang tentu saja memiliki kegiatan dan jadwal yang berbeda setiap harinya. Anda mungkin saja bisa menyelesaikan semua kegiatan sebelum jam 9 malam, dan orang lain bisa saja jam 10 malam. Atur waktu tidur Anda sesuai dengan kegiatan yang Anda miliki. Taati waktu tidur tersebut dan praktikan setiap hari. Meskipun tubuh belum mengantuk, tetap baringkan tubuh dan pejamkan mata Anda. Pikirkan hal menyenangkan ketika hendak tidur, maka tidur akan semakin mudah dilakukan.

  1. Matikan semua alat elektronik sebelum tidur

Di jaman yang serba digital seperti saat ini, kita hidup di tengah-tengah peralatan elektronik. Hampir setiap saat kita menggunakannya untuk melakukan banyak hal, salah satunya adalah smartphone. Smartphone memancarkan sinar biru yang akan mengakibatkan mata tetap fokus dan memerintahkan otak untuk selalu bangun. Agar bisa merasakan kantuk, maka sebaiknya matikan smartphone dan alat elektronik lainnya.

  1. Ciptakan suasana yang nyaman di kamar tidur

Kekurangan tidur bisa mengakibatkan banyak masalah kesehatan. Itulah mengapa setiap harinya tubuh memerlukan istirahat yang cukup. Namun, gangguan sulit tidur sering kali membuat kita begadang hingga malam. Oleh karena itu, salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menciptakan suasana kamar yang nyaman.

Related posts: