Website tidak hanya digunakan untuk memberi informasi mengenai berbagai hal, namun bisa dimanfaatkan untuk berbisnis. Online shop seringnya menggunakan website sebagai wadah pemasaran dan informasi mengenai produk yang mereka tawarkan. Dikarenakan website ini lebih bisa memuat banyak hal misalnya artikel, ulasan, katalog dan sebagainya dibandingkan dengan menggunakan sosial media. Adapun cara membuat website cukup mudah dan cepat.

Memilih Platform Yang Anda Kuasai

Langkah yang pertama adalah dengan memilih platform yang akan Anda gunakan. Berikut adalah beberapa ulasan mengenai platform yang bisa Anda pilih:

  • Membuat website dari basic atau dasar. Pada proses ini hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang setidaknya mengetahui dan memahami dasar pengembangan mengenai website. Dengan menggunakan HTML dan CSS, Anda bisa membuat website yang Anda perlukan dan inginkan.
  • CMS yang merupakan sistem tingkat lanjut untuk mengelola konten dan website. Ada tiga CMS yang populer dan tidak berbayar yaitu : WordPress, Joomla dan Drupal. WordPress merupakan salah satu yang paling sering digunakan dibandingkan yang lainnya. Hal ini dikarenakan WordPress memiliki berbagai macam fitur gratis dan lebih mudah pengaksesannya. Meskipun begitu, ketiganya mempunyai keunggulan masing-masing.
  • Yang ketiga adalah dengan menggunakan website builder. Sistem ini semakin memudahkan Anda dalam membuat website. Jadi, Anda tidak perlu khawatir untuk membuat website meskipun Anda tidak mempunyai pengalaman dalam pengcodingan.

Langkah cara membuat website selanjutnya yakni memilih konten dan desain website Anda. Buatlah semenarik mungkin website yang Anda kelola.  Semakin rapi Anda menata konten, semakin mudah orang mengakses website Anda. Saringlah isi atau konten yang akan Anda sajikan. Jangan asal menyajikan konten supaya pembaca tidak bosan.

Buatlah tema sendiri mengenai website Anda, sehingga orang-orang akan menerka isi dari konten Anda. Dan orang-orang yang tertarik dengan tema yang Anda angkat, akan segera mengakses website Anda.

Itulah langkah-langkah yang Anda bisa lakukan dalam cara membuat website. Dengan perencanaan yang matang dan menarik, website yang Anda kunjungi akan  mendapat pembaca setianya. Website yang unik cenderung membuat orang untuk mengaksesnya.

Related posts: