Membersihkan Tangki Stainless

By | April 12, 2017

tangki stainlessMeskipun tangki stainless terbukti tidak menimbulkan karat pada permukaan tangki serta pada bagian luar dan dalam tangki, dan tangki juga tidak mendatangkan lumut di sekitarnya, tetap saja Anda perlu melakukan pembersihan pada tangki. Anda tidak tahu apabila terkadang air dari sumber air yang Anda miliki yang masuk ke dalam tangki penampungan air ini  kadang kala memiliki kotoran-kotoran yang mengendap dan akan menjadi kerak kotoran apabila Anda tidak membersihkan tangki ini secara berkala. Orang yang paham dengan kebersihan dan ingin tangki air yang mereka higienis, atau terhindar dari bakteri, mereka juga selalu membersihkan tangki air mereka.

Cara Membersihkan Tangki Stainless

Untuk melakukan pembersihan pada tangki stainless yang Anda punya, apabila Anda tidak memiliki banyak waktu karena Anda memiliki kesibukan lain, akan lebih baik apabila Anda menyewa pembersih untuk membersihkan tangki air Anda. Atau jika tidak, maka Anda bisa mencoba membersihkannya sendiri. Siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang diperlukan misalnya ember, sikat, lap, dan lain sebagainya. Apabila alat dan bahan telah siap, mulailah dengan naik ke tempat penampungan atau apabila tempat penampungan air Anda berada di menara air atau tower, maka gunakan tangga yang tersedia agar Anda bisa mencapai tangki.

Setelah sampai, yang harus Anda lakukan ialah membuka penutup tangki air tersebut. Namun sebelum pengerjaan ini dilakukan, terlebih dahulu buanglah air yang ada pada tangki agar air dalam tangki tidak tercemar. Setelah tangki dibuka, maka yang harus Anda lakukan ialah dengan menggunakan lap, Anda bisa membersihkan permukaan luar tangki. Bersihkan pula daerah sekitar tangki agar menghindarkan tangki air menjadi kotor. Untuk membersihkan bagian dalam tangki, Anda bisa menggunakan sikat lalu gosok-gosoklah bagian dalam tangki. Saat pembersihan ini sebaiknya jangan menggunakan sabun sebab dikhawatirkan ada zat dalam sabun yang tertinggal pada tangki sehingga air yang mengalir pada tangki menjadi tercemar karenanya. Apabila tangki stainless sudah selesai dibersihkan maka tunggulah beberapa saat supaya tangki kering atau bisa dengan menggunakan lap kering. Setelah tangki ditutup maka Anda bisa mengisi kembali tangki penampungan air Anda.

Related posts: