Artikel kali ini akan membahas mengenai menjaga kesehatan mata yang menjadi salah satu organ penting dalam tubuh manusia. Mata merupakan salah satu organ yang ada ditubuh manusia dengan fungsi yang luar biasa. Dengan mata manusia bisa melihat indahnya dunia, tampannya pria, cantiknya wanita, dan banyak hal lainnya yang bisa dilihat melalui mata.

Mata merupakan salah satu organ yang tersusun atas beberapa bagian serta syaraf-syaraf penghubung antara otak dan mata serta organ lainnya. Selain itu, pada mata juga terdapat banyak pembuluh darah yang bekerja sama sehingga membuat manusia bisa melihat objek dengan lebih baik dan jelas. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan upaya menjaga dan mencegah terjadinya gangguan pada mata.

Mari Jaga Mata Sebagai Jendela Dan Cakrawala Dunia

Mata yang sehat akan membuat manusia yang memilikinya bisa melihat hal-hal yang menakjubkan. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa mata juga sama dengan organ yang lainnya karena bisa terkena suatu kelainan atau penyakit. Kelainan ini tentunya bisa menjadi parah dan tentunya tidak Anda inginkan terjadi pada mata Anda, oleh karena itu perlu adanya upaya menjaga kesehatan mata. Upaya pencegahan keluhan dan kelainan pada mata dapat Anda lakukan dengan cara-cara atau tips berikut ini.

  • Konsumsi Makanan yang Kaya Vitamin A

Makanan yang mengandung banyak vitamin A dan tentunya sehat bagi tubuh serta mengandung sedikit efek samping yaitu sayur dan buah. Ciri sayur atau buah yang kaya akan vitamin A yaitu yang berwarna oranye kemerahan. Contohnya yaitu wortel yang enak dimakan secara langsung maupun dijadikan masakan sayur. Harga jual wortel di pasaran pun tergolong cukup murah dan terjangkau bagi semua kalangan sehingga wortel dapat menjadi pilihan sumber vitamin A yang tepat.

  • Penambahan Vitamin A

Bagi Anda yang memiliki anak bayi dan balita dapat membawa anak Anda ke posyandu secara rutin setiap bulannya. Pada jangka waktu tertentu pun ada acara penambahan vitamin A secara gratis sebagai upaya menjaga kesehatan mata.

  • Mengurangi Paparan Cahaya Gadget dan Televisi

Apabila Anda melihat layar gadget dalam waktu yang lama serta menonton televisi dalam jarak yang dekat bisa mengganggu penglihatan Anda.

Related posts: