Mari Belajar Contoh Teks Anekdot

By | January 17, 2017

contoh teks anekdotPernah mendengar mengenai teks anekdot? Dalam Bahasa Indonesia, jenis pengembangan teks ini digunakan untuk menyindir suatu kejadian atau seseorang secara tidak langsung tetapi menggunakan gurauan yang menggelitik. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi terjadinya konflik atau kontroversi di tengah masyarakat. Selain membuat pembacanya tertawa, sebuah contoh teks anekdot harus juga memuat nilai moral positif yang lugas. Maka dari itu, tidak dibantahkan bahwa teks anekdot merupakan salah satu seni tata bahasa yang cantik.  Bentuk penyajian teks anekdot dapat berupa barisan kata atau ditambahkan sebuah gambar lucu dan unik yang sinkron dengan situasi atau kejadian yang sedang diulas.

Pembahasan Mengenai Contoh Teks Anekdot

Ada berbagai macam contoh teks anekdot dalam kehidupan sehari-hari tergantung tema yang diusungnya. Ada yang bertema politik, sosial, ekonomi, sosial, budaya, dan lain sebagainya. Cirri teks anekdot adalah lebih dekat dengan perumpamaan tentang dongeng, dan menampilkan karakter hewan dan figur manusia yang terhubung dengan realitas. Jenis anekdot ada dua, yaitu secara lisan dan teks. Yang dimaksud dengan teks anekdot secara lisan adalah akronim dalam Bahasa Indonesia yang diterjemahkan dalam berbagai kalimat. Misalnya, KUDIS yang diartikan sebagai KUrang DISiplin, PUCAT dari kata PUlang CepAT, dan BRONIS yang maksudnya BROndong maNIS.

Selain teks anekdot dalam bentuk lisan, terdapat pula teks anekdot dalam bentuk teks. Maksudnya adalah penyajian dalam bentuk dialog antara dua orang atau lebih, atau bisa juga berupa cerita pendek. Setidaknya dalam sebuah teks anekdot harus memiliki pembukaan, latar belakang, masalah, penyelesaian masalah, dan juga kesimpulan. Berikut adalah contoh teks anekdot dalam bentuk teks:

Pada suatu pagi hari di rumah pasangan pengantin yang baru saja menikah kemarin siang.

Istri       : “Mas, aku hamil!”

Suami   : “Masa?”

Istri       : “Iya, Mas!” sambil menunjukkan hasil test packnya.

Suani    : “Tapi, semalam kan kita langsung tidur karena kelelahan resepsi?”

Istri       : “Oh Iya, Mas,” ujarnya sambil menggigit bibir tanda gelisah.

Suami   : “Jadi kamu bikin sama siapa dong???”

Related posts: