Tumbuhan gulma merupakan tumbuhan yang tidak diinginkan karena bisa mengambil nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman utama. Selama ini, tanaman gulma dianggap sebagai hama pengganggu bahkan akan merusak keindahan atau pemandangan dari tanaman produksi. Tapi tahukan, beberapa tumbuhan gulma ternyata mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Akan tetapi bukan tidak mungkin, tumbuhan gulma tersebut akan menjadi tanaman yang dibudidayakan dan akan menjadi tanaman langka yang dijadikan obat ketika bahan kimia sudah tidak mampu untuk mengobati penyakit. Tumbuhan gulma tidak semuanya bisa dikonsumsi untuk kesehatan tubuh, ada beberapa tumbuhan gulma yang berbahaya bila dikonsumsi

Tumbuhan gulma dan khasiatnya

Beberapa tumbuhan gulma yang memiliki peranan untuk mengobati kesehatan, yaitu sebagai berikut:

  1. Rumput teki

Rumput ini sering sekali tumbuh liar di tempat terbuka dan tumbuh sebagai gulma yang susah diberantas. Siapa sangka ternyata rumput teki ini memiliki khasiat yang sangat penting untuk wanita yaitu meringankan ketidakteraturan siklus haid. Selain itu digunakan untuk meredakan demam, dan meringankan penyakit hati.

  1. Babadotan

Gulma ini tumbuh sebagai tumbuhan pengganggu di area persawahan, ladang, dan wilayah bersemak. Sebagian menyebutkan tumbuhan ini sangat menjengkelkan karena pertumbuhannya sangat cepat. Di sisi lain, gulma ini dikenal luas sebagai obat luka. Daun diremas, dicampur dengan kapur, lalu dioleskan pada bagian luka yang masih segar. Daun yang direbus pun dapat mengobati sakit dada. Meskipun demikian, gulma ini memiliki racun yang digunakan untuk insektisida dan nematisida.

  1. Putri malu

Tumbuhan semak berduri putri malu merupakan tumbuhan gulma yang sering dibasmi oleh petani, karena terdapat duri pada batangnya. Gulma pemalu bila disentuh ini ternyata mempunyai manfaat untuk kesehatan sebagai obat peluruh dahak, anti batuk, penurun panas, dan mengobati insomnia.

  1. Tembelekan

Tembelekan ini tumbuhan liar, tumbuh di tempat yang terbuka dan terpapar sinar matahari. Memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan yaitu penyakit asma, rematik, keracunan makanan, batuk, gatal-gatal, dan lain-lain.

Demikian informasi kesehatan terbaru ini semoga bisa menambah wawasan para pembaca.

Related posts: