berenang

Berenang merupakan salah satu olah raga favorit sebagian besar orang. Selain karena lebih santai dan tidak terlalu melelahkan, berenang juga merupakan salah satu olah raga yang menyenangkan. Lalu apa saja manfaat yang bisa didapat dari olah raga berenang ini? Kapan waktu yang tepat untuk melakukan olah raga berenang ini?

Menambah Kekuatan Tubuh

Media olah raga berenang adalah air, air jika dibandingkan udara luar memiliki tingkat kepadatan yang jauh lebih besar, kepadatan air bisa sampai 800 kali kepadatan udara. Sehingga dengan bergerak di air membutuhkan kekuatan dari otot-otot tubuh yang lebih. Rutin melakukan olah raga ini bisa semakin meningkatkan ketahanan otot tubuh karena tubuh biasa diberi beban 800 kali dibanding bergerak di udara bebas.

Jenis Olah Raga Low Impact

Meskipun bergerak di dalam air memiliki beban 800 kali dibanding udara bebas, hal ini tidak menjadikan olah raga berenang berbahaya bagi persendian. Berenang merupakan salah satu jenis olah raga low impact yang artinya tidak terlalu memberikan beban berlebih kepada persendian Anda. Hal ini merupakan salah satu kelebihan berenang, sehingga olah raga renang bisa dilakukan oleh semua orang dari berbagai kalangan. Orang tua sangat dianjurkan untuk melakukan olah raga ini karena sifatnya yang tidak terlalu berbahaya bagi persendian.

Membantu Meningkatkan Kapasitas Paru-Paru

Saat sedang berenang salah satu kesulitannya adalah mengatur pernafasan secara teratur. Kemampuan mengatur pernafasan secara teratur ini lah yang bisa membantu meningkatkan kapasitas paru-paru Anda. Paru-paru akan menjadi terlatih dalam menghirup dan mengeluarkan karbon dioksida secara optimal. Dengan penggunaan paru-paru secara optimal maka akan berdampak juga pada kesehatan jantung. Bagi Anda yang memiliki masalah pernafasan dan jantung sangat dianjurkan untuk rutin melakukan olah raga ini, karena akan membantu meredakan permasalahan paru-paru dan jantung.

Menurunkan Stres

Olah raga berenang merupakan salah satu olah raga yang menyenangkan, karena Anda bisa bermain-main dengan air sepuasnya. Riset menunjukkan ketika tubuh kita masuk ke dalam air maka akan menurunkan tingkat stres. Sehingga bagi Anda yang cukup tertekan dengan pekerjaan sehari-hari berenang sangat cocok untuk dilakukan.

Related posts: