Makanan Pelancar ASI Agar ASI Lancar

By | February 13, 2017

makanan pelancar asiAnak adalah anugerah tuhan yang dititipkan kepada kita untuk dirawat dan dijaga. Bahkan segala cara pun dilakukan untuk membuat anak kita menjadi anak yang cerdas dan juga berbakti kepada kedua orang tuanya. Ketika sang buah hati baru saja lahir, tentu saja menjadi hal yang paling bahagia karena apapun akan dilakukan agar si buah hati tersebut tumbuh dengan sehat dan kuat. Salah satunya adalah dengan memberikan ASI eksklusif, karena makanan utama pada sang buah hati yang baru saja lahir adalah ASI. ASI memang memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan sang buah hati, terutama untuk kekebalan tubuh dan juga untuk mencegah infeksi atau bakteri yang akan masuk dalam tubuh. Semua ibu tentunya ingin memberikan ASI yang melimpah untuk anaknya, namun masih banyak juga yang mengeluhkan masalah produksi ASI. Banyak para ibu yang ASI nya tidak lancar, bahkan tidak keluar sama sekali. Mungkin para ibu tersebut kurang memperhatikan apa-apa saja makanan pelancar ASI agar ASI tetap lancar.

Makanan Pelancar ASI Yang Dibutuhkan

Usia bayi yang baik untuk mendapatkan ASI yaitu ketika berumur 0-6 bulan. Karena pada masa usia ini, sang buah hati memang sangat membutuhkan asupan nutrisi yang cukup banyak untuk pertumbuhannya. Memang banyak faktor yang bisa mempengaruhi produksi ASI dalam tubuh, semua dikarenakan hormone masing-masing yang ada dalam tubuh. Salah satunya adalah hormone prolactin dan juga hormone oksitosin. Hormon prolaksin memang sangat berpengaruh terhadap produksi ASI, dan hormon oksitosin berpengaruh terhadap proses pengeluaran air ASI tersebut. Lalu makanan pelancar ASI apa saja yang dibutuhkan oleh para ibu yang sedang menyusui?

Berikut ini beberapa contoh makanan pelancar ASI yang baik untuk di konsumsi para ibu yang sedang menyusui, diantaranya adalah ikan salmon, daging sapi tanpa lemak, kacang-kacangan, blueberry, beras coklat atau beras merah, jeruk, telur, roti gandum, sayur-sayuran, buah-buahan, dan yang tak lupa untuk selalu harus dikonsumsi adalah air putih. Konsumsilah banyak air putih karena air putih memang sangat menyehatkan, untuk sang buah hati dan untuk para ibu yang sedang menyusui. Semoga dapat membantu.

Related posts: